Awas Rangka CB150R Mudah Patah, Antisipasi Dengan Cara Ini

Awas Rangka CB150R Mudah Patah, Antisipasi Dengan Cara Ini

Screenshot 2018 01 20 07 51 26 726 com.miui.videoplayer

Beberapa hari yang lalu saya sempat buat artikel tentang terdengarnya kembali rangka Honda CB150R yang patah. Saya tulis itu karena memang sudah beberapa kali saya lihat dan dengar kalau rangka CB150R patah. Bahkan ada yang sedang di perjalanan.

Kan ini sangat bahaya jika terjadi pada kita. Oleh karena itu saya akan memberi tips cara mengantisipasinya. Ini bukan karena kita mau menjelekkan CB150R, tapi ini untuk diri kita sendiri. Yang memang penunggang dan pemilik CB150R .

Janganlah jadi fansboy yang terlalu fanatik dengan merek padahal kita tidak dibayar untuk itu. Memang rangka patah bisa terjadi karena beberapa faktor. Bisa jadi karena kropos, bahan yang digunakan, cara pembuatannya atau yang lain lain.

Kenapa rangka CB150R mudah patah?? 

Pasti dari sebagian pembaca ada yang bertanya kenapa rangka CB150R mudah patah. Terutama yang sering mengikuti grup grup outomotif dan bukan fansboy tentunya.

Seperti yang dikatakan diatas ada beberapa faktor penyebab rangka CB150R mudah patah . Kalo menurut saya penyebabnya kemungkinan karena pembuat rangka nya bukan dari AHM langsung alias vendor. Jadi ketelitian garapannya kurang sesuai standar . Baik itu bahan, cara pengerjaannya atau yang lainnya.

FB IMG 1516407811549

Namun yang saya cermati penyebab utamnyanya yaitu di rangka ” x” nya disitu tidak ada penopang sebagai penahan rangka utamanya. Padahal itu adalah titik utama penopang mesin dan si pengendara. Jdi hanya besi yang dilas dan disambung berbentik menyilang dan hanya ada plat kecil yang sebagai penopangnya. Jadi rangka trrsebut kurang kuat untuk menopang mesin yang berat.

Cara mengatasi dan antisipasi rangka CB150R mudah patah 
Oleh sebab itu kita sebaiknya melakukan antisipasi agar tidak ada hal gal yang tidak dingiinkan. Cara mengantisipasinya yaitu yang paling utama adalah perawatannya.jangan cuma mesinnya saja yang dirawat tapi rangka juga perlu dirawat.  Sering bersihkan dan lihat di titik “x”  rangka, jangan sampai kotor dan berkaran serta retak.

Selain perawatan  kita juga antisipasi dengan menambah besi penopang pada titik “x”  tersebut dengan besi yang seukuran namun lebih kuat dan padat. Seperti gambar di bawah  ini.

IMG 20180127 071047

Semoga bermanfaat dan jangan lupa lihat artikel lainnya di bawah ini. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*