Tips Mengemudi Mobil Matic Agar Irit Bahan Bakar

setir mobil terasa berat

Daftar Isi

Sekarang ini banyak orang yang lebih suka mengendarai mobil matic karena dinilai lebih praktis daripada mobil manual. Hanya saja mobil matic dianggap lebih boros dalam penggunaan bahan bakar jika dibandingkan dengan mobil manual.

Anggapan di atas dapat dikatakan benar meski tidak sepenuhnya benar. Memang komponen yang terletak di mobil matic yang disebut dengan Torque Converter akan mengubah torsi menjadi tenaga yang akhirnya disalurkan pada roda agar dapat bergerak.

Transmisi otomatis pada mobil matic akan mulai beroperasi pada saat RPM lebih tinggi dari transmisi manual, hal ini membuat mobil matic membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak untuk membuat mobil dapat bergerak. Maka tak heran jika mobil matic dianggap lebih boros ketimbang mobil manual.

Tapi tenang saja, sebenarnya ada beberapa tips mobil matic irit bensin yang bisa Anda gunakan pada saat mengendarai mobil matic.

Lihat juga:

Tips Mobil Matic Irit Bensin

Beberapa cara di bawah ini bahkan terdengar sepele meskipun jika diterapkan dengan tepat dapat mengurangi penggunaan bensin pada mobil matic.

  1. Jangan Sampai Kelebihan Kapasitas Mobil

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan pada saat menggunakan mobil matic agar irit bensin adalah dengan memperhatikan kapasitas dari mobil yang Anda gunakan. Apabila kapasitas mobil yang Anda gunakan hanya cukup untuk 4 orang, maka sebaiknya jangan melebihi kapasitas mobil karena ini akan menjadi beban yang membuat mesin mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar atau bensin.

  1. Pada Saat Melewati Jalan Tanjakan

Pada saat melewati jalanan menanjak hindari untuk menginjak rem secara berlebihan. Karena hal ini juga menjadi salah satu penyebab bensin atau bahan bakar menjadi boros. Karena dengan menginjak gas secara konstan dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar pada mobil matic.

Tak hanya berlaku pada saat melewati jalan tanjakan saja, tapi hal ini juga berlaku pada saat Anda menyalip kendaraan lain ketika berkendara.

  1. Menginjak Pedal Gas Secara Perlahan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, jika menginjak pedal gas secara berlebihan dan juga dalam, maka dapat membuat mesin mobil menjadi menghasilkan akselerasi yang jauh lebih besar atau berlebihan.

Jika tenaga yang digunakan dan dibutuhkan lebih besar maka suplai bahan bakar atau bensin yang digunakan untuk akan menjadi lebih banyak. Sehingga untuk pengguna mobil matic sebaiknya hindari gaya mengemudi yang seperti ini karena akan membuat mobil lebih boros dalam penggunaan bahan bakar.

Apabila ingin menambah kecepatan, sebaiknya injak pedal gas secara perlahan saja, hindari menginjak gas secara berlebihan dan dalam.

  1. Hindari Gaya Berkendara yang Agresif

Pada saat berkendara ada baiknya jika Anda mengontrol emosi Anda sehingga tidak menyetir mobil dengan gaya agresif. Terapkan eco driving yang mampu mengirit bahan bakar atau bensin mobil Anda. Apalagi mobil matic tidak bisa digunakan untuk berkendara secara brutal.

Tak hanya bisa mengirit bensin, berkendara dengan santai dan tenang juga bisa membuat Anda terhindar dari risiko kecelakaan yang dapat membahayakan keselamatan Anda dan pengendara lainnya.

Lihat juga:

  1. Jaga Mesin Berada di Putaran Rendah

Tips hemat bahan bakar untuk mobil matic yang seharusnya adalah dengan menjaga mesin pada putaran rendah. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga agar penggunaan bahan bakar tidak boros.

Usahakan untuk tetap menjaga putaran mesin atau rpm agar terus berada pada posisi rendah. Untuk mendapatkan putaran mesin yang optimal agar bisa menghasilkan tenaga dan juga efektif dalam menghemat penggunaan bahan bakar adalah sekitar 2.000 hingga 3.000 rpm.

Karena jika putaran mesin sudah terlalu tinggi akan membuat asupan bahan bakar menjadi semakin besar dan mobil pun akan lebih boros dalam penggunaan BBM.

  1. Idling

Tips yang selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan idling yang terlalu lama. Pada saat Anda berada di posisi netral mau pun posisi diam, mesin akan dalam keadaan menyala, mesin tersebut akan tetap bekerja dan membutuhkan penggunaan bahan bakar.

Oleh sebab itu jangan terlalu lama menggunakan idling, sebab pada posisi ini mesin mobil pun tetap membutuhkan asupan bahan bakar. Dengan mengurangi penggunaan idling yang tidak terlalu sering, maka Anda dapat mengurangi penggunaan BBM untuk mobil matic Anda.

  1. Mempertahankan Kecepatan Konstan

Berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengirit penggunaan bahan bakar adalah dengan mengatur agar mobil matic tetap bertahan pada kecepatan konstan. Hal ini dikarenakan jika Anda menaik-turunkan kecepatan secara mendadak dan juga cepat, akan dapat membuat mesin menjadi butuh bahan bakar lebih banyak. Terutama pada mobil matic keluaran terbaru.

Maka dari itu sebaiknya Anda berkendara dengan cara yang lebih efektif dalam masalah kecepatan dan mengatur kecepatan secara konstan dengan cara memanfaatkan fitur cruise control.

  1. Menggunakan Engine Brake untuk Mengurangi Kecepatan

Pada saat terjebak kemacetan, ada baiknya jika Anda memanfaatkan engine brake untuk mengurangi kecepatan. Atur posisi transmisi ke posisi 1, L, S mau pun posisi renda yang lainnya. Karena posisi ini akan lebih memungkinkan bagi Anda untuk menggunakan engine brake pada mesin.

Sehingga pada saat melaju pelan di jalan yang macet, Anda hanya perlu memanfaatkan engine brake saja untuk berhenti. Nah, hal ini menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengirit penggunaan bahan bakar terutama pada saat terjebak kemacetan. Karena Anda sudah tidak perlu selalu menginjak rem lagi.

  1. Memperhatikan Jarak Aman dan Jangan Mengerem Secara Mendadak

Pada saat berkendara, ada baiknya Anda tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan lain yang berada di depan. Hal ini akan mengurangi risiko mengerem secara mendadak. Sehingga pada saat mobil di depan berhenti atau mengurangi kecepatan, Anda hanya perlu mengurangi tarikan gas atau melepaskan gas untuk mengurangi kecepatan mobil Anda.

Cara mengemudi yang seperti ini, meski terlihat sederhana namun juga dapat memberikan beberapa manfaat sekaligus. Selain dapat mengurangi penggunaan BBM seiring dengan pengurangan pengguaan rem, kampas rem pun akan lebih hemat dan Anda juga bisa berkendara dengan cara yang lebih aman.

  1. Mengatur Suhu AC Sesuai Kebutuhan

Sudah bukan rahasia lagi jika suhu AC menjadi salah satu faktor yang membuat bahan bakar cepat habis. Apalagi jika daya yang digunakan sangat besar. Padahal AC sendiri memang membutuhkan daya yang cukup besar sehingga membuat penggunaan BBM menjadi semakin boros loh.

Maka dari itu ada baiknya jika Anda lebih bijak dalam menggunakan AC pada saat di dalam mobil. Anda bisa mengkombinasikan dengan membuka sedikit jendela untuk mendapatkan udara dari luar dibanding terus menerus menggunakan AC yang akan membebani penggunaan bahan bakar.

  1. Memperhatikan Indikator Eco Driving

Terdapat beberapa mobil matic yang menggunakan sistem LGCG atau Low Cost Green Car yang biasanya sudah dilengkapi juga dengan sistem eco driving indicator. Dengan menggunakan fitur ini, maka mobil akan dapat memberitahukan apakah gaya berkendara yang Anda gunakan saat itu dapat menghemat penggunaan bahan bakar atau tidak.

Sehingga dengan ini Anda dapat dengan lebih mudah menyesuaikan gaya mengemudi seperti apa yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

Tips mobil matic irit bensin yang terakhir adalah dengan melakukan servis secara rutin di bengkel mobil yang sudah terpercaya dan tersertifikasi. Karena dengan menjaga kondisi mobil tetap berada dalam keadaan prima juga menjadi salah satu faktor yang membuat bensin lebih irit. Khususnya pada mobil matic.

Jadi selain menggunakan tips yang sudah dirangkum di atas, jangan lupa untuk rajin melakukan servis secara berkala untuk menjaga agar mobil selalu dalam performa terbaiknya.

Referensi:

  • https://bit.ly/36pgQ1u
  • https://bit.ly/30TF3Mm
  • https://bit.ly/2O2fh3n

Tinggalkan komentar