Mobil Ignis Vs Ayla Mana yang Terbaik?

Mobil Suzuki Ignis vs Ayla

Daftar Isi

Berbicara mengenai dunia otomotif memang tidak akan pernah ada matinya. karena mengingat banyaknya produsen otomotif yang terus menerus berkarya dan melakukan inovasi supaya bisa menghadirkan mobil keluaran terbaru dan yang pasti memiliki spesifikasi unggulan. Hal ini bisa dirasakan pada kehadiran mobil Ignis dan Ayla yang masuk sebagai kategori mobil city car.

Sebagian orang merasa sedikit khawatir dan waspada pada saat mengendarai kedua mobil city car tersebut. Terutama pada saat melibas di jalanan yang penuh dengan genangan air. Akan tetapi bodinya yang minimalis membuat beberapa orang tertarik untuk memiliki salah satu dari mobil minimalis tersebut.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian salah satu diantara kedua mobil tersebut, ada baiknya jika Anda mengetahui mana yang lebih keren antara mobil Ignis vs Ayla. Untuk memudahkan Anda dalam mempertimbangkan segala sesuatunya, silahkan simak ulasan berikut ini:

Mobil Suzuki Ignis

Mobil Ignis masuk sebagai jenis mobil hatchback yang paling populer, terutama di pasar otomotif Indonesia. Bentuknya yang mungil mampu mengangkut 5 penumpang dewasa di dalamnya. Ada beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh Suzuki Ignis dan sebaiknya Anda mempertimbangkannya sebelum melakukan pembeliannya.

Kelebihan Suzuki Ignis

Berikut ini daftar kelebihan yang dimiliki Suzuki Ignis:

  • Desain modern dan elegan

Unsur utama yang selalu menjadi pusat perhatian pada saat melakukan pembelian sebuah mobil yaitu dari segi desain  eksteriornya. Memang tidak pernah salah jika Anda memilih mobil Suzuki Ignis, karena mobil ini memiliki desain yang modern serta elegan. Hal ini berkat adanya perpaduan konsep antara mobil SUV dan mobil hatchback.

  • Fitur hiburan

Saat digunakan di jalanan, pengemudi dan penumpang akan merasakan kenyamanan karena mobil minimalis ini dilengkapi dengan fitur hiburan yang super lengkap. Fitur hiburan yang dimaksud yaitu berupa head unit yang dapat dihubungkan pada support USB, radio bahkan bluetooth.

  • Desain body

Suzuki telah membekali body mobil Ignis dengan rangka platform hearted serta menggunakan high cricket underbody. Dengan hal ini maka menjadikan tampilannya terlihat handal dan kokoh. Meskipun memiliki bentuk body yang kecil, namun mobil ini sangat gagah pada saat melalui berbagai medan yang ada di jalanan, termasuk saat berada di jalan yang kurang bagus.

  • Cocok untuk konsep urban

Mobil Ignis sangat cocok dalam mendukung konsep urban, karena dimensinya yang tidak terlalu besar, yaitu 3.700×1.690×1.595 mm. Selain memudahkan pengemudi untuk bermanuver, ternyata hal ini juga menjadikan mobil dapat berjalan lebih gesit jika dibandingkan dengan jenis mobil berukuran besar lainnya. Meskipun demikian Ignis mempunyai ciri khas sebagai crossover

  • Mesin irit

Mesin yang dimiliki oleh Ignis ini berkapasitas 1,2 liter dan didukung dengan adanya teknologi multipoint injection. Sehingga selain menjadikan mobil ini irit bahan bakar, ternyata juga masuk sebagai kategori mobil yang ramah lingkungan.

Lihat juga:

Kekurangan Suzuki Ignis

Agar bisa dijadikan sebaga bahan pertimbangan, maka berikut beberapa kekurangan yang ada pada mobil Suzuki Ignis:

  • Kapasitas mesin

Jika dibandingkan dengan mobil SUV yang lainnya, kapasitas mobil Suzuki Ignis ini masih tergolong kecil, yaitu hanya 1197 cc dengan tenaga yang dikeluarkan mencapai 83 PS. Akan tetapi jika dibandingkan dengan mobil Ayla, tentu mobil Ignis jauh lebih unggul.

  • Akselerasi kurang stabil

Berbicara mengenai bagian akselerasi, antara mobil mobil Ignis vs Ayla sama-sama kurang stabil, karena memiliki body yang ringan. Walaupun mobil Ignis ini sudah dilengkapi sistem rangka berupa high rigid underbody, sayangnya sistem hanya bisa mengokohkan di bagian chasis mobil saja. sementara bagian stabilitasnya masih terganggu saat digunakan dalam kecepatan tinggi.

  • Pembelian  head unit touchscreen lebih mahal

Untuk pembelian head unit touchscreen cenderung lebih mahal, karena terpisah dengan mobil. Dengan hal ini Anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar, yaitu kisaran Rp 7.249.000 pada mobil Ignis tipe GX. Sementara untuk tipe GL kisaran Rp 7.484.000.

Mobil Daihatsu Ayla

Mobil keluaran Daihatsu ini termasuk dalam kategori mobil LCGC (Low Cost Green Car). Pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 dan berhasil memikat banyak konsumen. Selain harganya yang terjangkau Daihatsu Ayla memiliki banyak kelebihan lainya. Berikut review mengenai mobil Daihatsu Ayla.

Kelebihan Daihatsu Ayla

Setelah mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh mobil Ignis, kini saatnya Anda mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh Daihatsu Ayla. Diantaranya:

  • Bahan bakar super irit

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Daihatsu Ayla yaitu mengenai bahan bakarnya yang super irit. Ayla masuk sebagai kategori jenis mobil LCGC yang mana untuk 1 liter bahan bakarnya mampu penggunaan hingga 20 km. sehingga banyak orang yang tertarik untuk memiliki mobil minimalis ini karena saat digunakan jarak jauh tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli bahan bakar.

  • Memiliki ukuran bagasi yang luas

Walaupun terlihat cukup mungil, akan tetapi Ayla dilengkapi dengan bagasi yang cukup luas. Jika dibandingkan dengan mobil sekelasnya, tentu Ayla menjadi salah satu mobil minimalis dengan bagasi yang luas. Selain itu Ayla juga memiliki ukuran kabin yang cukup lega pada saat menampung 5 orang penumpang dewasa, ruang geraknya pun masih terasa nyaman.

  • Harga terjangkau

Ayla tidak hanya terkenal sebagai mobil minimalis dengan bagasi yang luas saja. Akan tetapi untuk harga yang ditawarkan pun juga sangat terjangkau, yaitu kisaran 75 juta hingga 114 juta. Meskipun sebagai mobil yang murah, namun untuk kualitas Daihatsu Ayla jangan diragukan lagi.

  • Fitur hiburan cukup lengkap

Walaupun memiliki harga yang terjangkau, akan tetapi untuk fitur hiburan yang dimiliki mobil Ayla tergolong lengkap. Misalnya seperti adanya fitur center kluster yang dilengkapi dengan tampilan sporty pada tipe Ayla X. Selain itu juga dilengkapi fitur berupa sistem audio yang dapat mensupport MP3, radio, CD, USB, WMA, dan AUX.

  • Tersedia transmisi otomatis

Transmisi otomatis pada Daihatsu Ayla ini bisa ditemukan pada Tipe X dan tipe M. Dengan pilihan transmisi otomatis ini, maka lebih memudahkan para penggunanya selama berkendara, terutama pada saat di jalanan yang macet.

Kekurangan Daihatsu Ayla

Di samping banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh Daihatsu Ayla, ternyata masih menyimpan beberapa kekurangan. Hal inilah yang dijadikan sebagai tolak ukur pembeli sebelum membelinya.

  • Tenaga mesin kurang optimal

Sangat disayangkan sekali, karena Ayla memiliki tenaga mesin yang dianggap kurang optimal, yaitu hanya memiliki kapasitas mesin 1.0 L, sehingga untuk tenaga maksimal yang dikeluarkan hanya kisaran 65 PS. Sementara untuk mobil Ignis memiliki kapasitas mesin 1197 cc dengan tenaga yang dikeluarkan mencapai 82 PS.

  • Memiliki akselerasi yang lambat

Akselerasi yang dimiliki oleh Ayla ini juga termasuk lambat, karena hanya dapat mencapai kecepatan 100 KM saja dan membutuhkan waktu kisaran 15 detik. Jika dibandingkan dengan mobil Ignis, tentu lebih unggul dari segi akselerasinya.

  • Memiliki bodi ringan

Bodynya yang ringan ternyata mampu memberikan dampak yang negatif, terutama pada bagian stabilitas mobil pada saat dikendarai dalam kecepatan yang tinggi. Saat berpapasan dengan mobil yang berukuran lebih besar, Anda bisa merasakan adanya getaran sampai ke bagian kabin mobil.

Setelah mengetahui perbandingan mobil Ignis vs Ayla, tentunya Anda bisa mengetahui mobil mana yang jauh lebih keren dan tepat dijadikan sebagai mobil pribadi. Perlu disadari bahwa untuk setiap mobil tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sebab itulah penting bagi Anda untuk mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum melakukan pembelian.

Leave a Reply