menambah kecepatan dengan kenalpot racing

kenalpot racing

fenomena yang terjadci pada saat ini adalah memodifikasui kendaraan atau sepedca motor dengan menggantinya dengan kenalpot racing. tujuan utamanya pada umumya untuk mencari kecepatan . selain itu juga sebagai bahan keren keren nan hhh . semakin berisik kenalpot csemakin keren . begitu mungkin pikirnya .

lalu , apakah dengan kenalpot racing bisa menambah kkecepatan sepedca motor… ??

kenalpot racing

dari berbagai penelitian dan pertanyaan dan jawaban di forum forum dan mendapat jawaban yang beragam. seperti berikut.

kenpalpot racing tidak berpengaruh terhadap kecepatan

jika secpeda motor masih standart tingting alias belum di oprek mengunakan kenalpot racing pun tak akan berpangaruh terhadap kecepatan. hanya akan membuat suara yang kencang dan berisik saja .

namun secara tidak langsung akan membuat gas menjadi enteng karena pada kenalpot racing tidak memiliki sekat sekat di dalamnya. jadi kita akan mera loss saja ketika menarik gas. dan akan membuat kita terus menari gas.

kenalpot racing bisa menambah kecepatan sepeda motor

Kenalpot racing menyebabkan mesin dalam keadaan lean atau kering. AFR atau air flow ratio idealnya 14.7 kalo lebih besar bensin lebih irit tapi mesin lebih panas. Nah knalpot racing bikin AFR naik, solusinya dengan setel bensin lebih banyak. Kalo motor karbu ganti spuyer 1 step lebih besar. Kalo motor injeksi bisa pake O2 manipulator atau piggyback atau ganti ECU.

Ciri2 AFR gak sesuai itu knalpot nembak dar der dor waktu nutup gas. Kalo sistem injeksi yang udah canggih biasanya auto learning abis ganti knalpot, gak perlu setting CO segala seperti motor KTM gak akan nembak knalpotnya.

Ganti knalpot bisa up 5-10% power tergantung brand. Merk knalpot seperti SC project, Akrapovic, Arrow, Leovince bukan merk kaleng2 dijamin power up asal sesuai jenis motornya walau dompet meringis. Knalpot bisa Rp 5 juta ke atas. Pake yang ori yah, jangan kw purbalingga. Ganti knalpot sekalian dyno test biar gak penasaran.

Kalo dompet bukan sultan bisa pake merk alternatif seperti Proliner, Prospeed atau Kawahara. Budget masih di bawah Rp 5 jt udah bisa naik 2 HP

tergantung jenis jenis dan bahan dari kenalpot ravccing itu sendiri

Tergantung:

  • Merk knalpot: knalpot yang berasal dari merk ternama, baik itu impor (yoshimura, nasser beet, akrapovic, dsb) maupun lokal (r9, nob1, cld, dsb) pasti telah melalui riset & perhitungan yang matang untuk peningkatan tenaga. Beda dengan knalpot racing abal-abal apalagi knalpot palsu yang hanya memekakkan telinga.
  • Bahan knalpot: knalpot dengan bahan carbon dan titanium yang ringan mampu meningkatkan power to weight ratio secara signifikan.
  • Desain knalpot: knalpot pendek sangat baik untuk meningkatkan performa di putaran bawah. Konfigurasi 4–1 (untuk motor 4 silinder) juga mampu meningkatkan torsi. Tambahan resonator di leher knalpot juga mampu meningkatkan tarikan bawah.
  • Settingan motor: pergantian knalpot tidak akan lengkap jika tidak dibarengi dengan tuning, khususnya motor karburator yang perlu penyesuaian spuyer/jetting.

baca juga :

kesimpulan

kesimpulan dari keterangan di atas adalah bahwa kenalpot racin tidak selamanya bisa menambah kecepatan untuk sepeda motor itu sendciri. karena sejatinya kenalpot racing hanya diperuntukkan pada kendaraan atau sepeda motor yang kusus digunakan untuk ajang balap atau racing saja yang notabene seoeda motor itu sudah ccdioprek sedemikisn rupa .

jika anda akan tetap menggunakan kenalpot racing apad modifikasi kendraan anda . alangkah baiknya pilih yang sesuai dengan kendaran anda . sehingga tidak hanya menghasilkan suara yang berisik saja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*