Kenali 1 kerusakan Kiprok Pada Motor

kiprok pada motormerupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. karena kiprok ini jika komponen ini bisa menjadi tanda bahwa kelistrikan pada motor berjalan dengan baik jika komponen ini berfungsi.

kiprokk pada motor

karena berhubungan dengan kelistrikan untuk orang awam biasanya tidak terpikirkan untuk mengecek kiprok pada sepeda motor ini . karena pada umumnya jika terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan akan langsung mengejudge aki .

padahal tidak selamanya kerusakan kelistrikan pada sepeda motor ini terjadi pada aki . bisa saja terjadi pada kiprok ini atau komponen lainnya. lah terus apa sih fungsi utama kiprok pada motor ..??

fungsi kiprok pada motor

kiprok sepeda motor

kiprok pada motor sendiri memiliki fungsi utama sebagai pensetabil arus listrik dan tegangan dari spul sebelum masuk ke aki. Jadi , arus AC dari spul akan diubah menjadi DC melalui kiprok dan disalurkan untuk pengisian baterai dan penerangan lampu depan dan belakang .

jika arus listrik yang masuk ke aki terlalu besar bisa menye babkan over charger . dan sebaliknya jika arus listrik yang masuk terlalu kecil akan membuat aki tekor. maka dibutuhkanlah kiprok ini sebagai penyetabil.

selain itu, kiprok pada motor juga berfungsi untuk mengubah arus listrik dari spul yang berupa Ac yang akan diubah menjadi DC . karena arus yang bisa disimpan oleh aki adalah DC. dan berfungsi juga sebagai penyetabil listrik yang mengalir ke lampu.

cara mengetahui kiprok pada motor rusak

ciri ciri kiprok pada motor rusak bisa ditandai dengan

  • aki yang cepat tekor walaupun baru diganti. karena tidak bisa mengisi arus dari kiprok itu sendiri.
  • ciri yang kedua bisa ditandai dengan lampu depan yang terlihat redup meskipun digeber dengan kencang . bahkan sampai bohlamnya putus karena arus yng dihasilkan tidak setabil.
  • jika lampu terlihat redup , coba bisa diputus kabel yang terhubung ke kiprok atau bisa dicopot dan coba di nyalakan . jika lampu bisa terlihat lebih terang , berarti ada kerusakan pada kiproknya.

selain cara di atas kita juga bisa mengetahui kiprok pada motor rusak dengan menggunakan telapak tangan .

lho kok bisa ..??

Kiprok overcharge bisa dideteksi dengan telapak tangan. Cukup raba kiproknya, jika terlalu panas itu bisa jadi gejala overcharge. karena ciri ciri kiprok yang overcharge adalah panas.(sumber :motorplus)

namun jika masih kurang yakin bisa kita menggunakan Set multi meter untuk aliran listrik DC 12 Volt, kemudian sambungkan kutub merahnya ke jalur pengisian aki. Untuk yang warna hitam itu sambungkan ke massa atau ground.

akan lebih mudah lagi jika motor kita sudah pasang Voltmeter lebih mudah lagi.Kalau saat putaran mesin tinggi, angka di Voltmeter menunjukan angka di atas 15 volt, misalnya 15,6 volt bisa jadi kiprok mengalami overcharge.

penyebab kiprok pada motor rusak

baca juga

Adapun penyebab kiprok pada motor sampai rusak bisa dikarenakan kiprok tersebut mengalami overheating. Ketika kiprok motor bekerja mengubah aurus AC menjadi DC tentu saja akan menghasilkan panas. Semakin anda sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi. maka kinerja kiprok pun akan semakin berat serta panas yang dihasilkan pun akan semakin tinggi.

Oleh Karena itu, pada bagian kiprok motor terdapat kisi kisi / sirip yang digunakan untuk membuang panas. Bila panas yang dihasilkan oleh kiprok tidak bisa didinginkan dengan baik, tentu kiprok akan mengalami overheating dan rusak.

Selain faktor penggunaan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan mempengaruhi tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya jelek pastinya akan mudah sekali rusak.

cara agar kiprok pada motor awet

sedikit tips agar kiprok pada motor tetap awet, pastikan posisi kiprok tersebut dialiri oleh udara sehingga pendinginan dapat dimaksimalkan dengan baik. jangan sering sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi atau gasspoll (sepertinya ini tidak berlalu buat kang ngegass heheh).

karena selain dapat menyebabkan umur kiprok pendek juga bahaya terhadap keselamatan. untuk sepeda motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya, seperti menggunakan lampu HID. sebaiknya mengganti kiprok bawaan dengan kiprok yang spesifikasinya lebih diatasnya. Atau bisa juga di modifikasi kiproknya agar dapat memenuhi kebutuhan kelistrika

semoga bisa tercerahkan dengan artikel kenali kerusakan kiprok pada motor

Leave a Reply