Busi Basah , Ini Penyebabnya

busi basah

apakah anda pernah mengalami kendaraan mogok dan setelah di cek busi basah ..?. Atau anda sedang mencari tahu kenapa busi kendaraan anda bisa basah .

busi basah
busi

sebelumnya saya mau sedikit cerita . saya kan punya motor bebek supra bapac yang geterannya sampai ke kepala . cvceritanya saya mau mengantar bapak saya . Tapi kendaraan saya ini susah banget dihidupkan baik disetarter maupun diselah . walaupun akhirnya bisa juga dinyalakan .

setelah balik saya cek lah businya ternyata busi basah dan bau bensin . awalnya sih saya kira cuma basah karena oli . ternyata juga berbau bensin atau bahan bakar . akhirnya saya cek dan telusri penyebabnya . dan ketemulah masalah busi basah ini karena settingan karburator yang tidak pas .

penyebab busi basah

Sebenarnya busi basah ini bisa dari beberapa faktor penyebabnya . cerita saya di atas adalah salah satu cfaktor penyebabnya . lalu apa saja faktor penyebab busi basah ??.

busi yang sudah mulai rusak

penyebab utama busi basah biasanya karena busi itu sendiri yang sudah mulai aus dan rusak. busi yang normal akan memercikkan api ketika motor dinyalakan atau di setarter. jika busi tidak memercikkan bunga api . maka bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar tidak akan terbakar dan masuk ke ruang hisap . oleh sebab itu busi akan basah karena bahan bakar yang tidak terbakar tersebut dan menjadi embun yang membasahi busi.

sistem pengapian yang bermasalah

Sistem pengapian pada motor injeksi menggunakan CDI yang memanfaatkan kapasitor. Komponen pengapian CDI menyatu dengan rangkaian kontrol injeksi atau kita kenal sebagai ECM (engine control modul).

Jadi komponen ECM berfungsi sebagai sistem pengapian dan juga memiliki fungsi untuk mengontrol injeksi atau sistem penyemprotan bahan bakar ke silinder. jika ini berbamaslah seperti penyemprotan yang terlalu banyak sehingga tidak mengkabut seluruhnya . akan membuat bahan bakar ini memngembun dan membuat busi basah.

air yang masuk ke ruang bakar

hal seperti ini bisa terjadi ketika anda mencuci kendaraan atau anda sedang kehujanan. bisa saja air itu merembes ke ruang bakar. bisa melalui selah selah blok mesin atau dari lubang busi itu sendiri.

air juga bisa masuk melalu filter udara. mungkin pada saat anda melanyakan mesin bisa nyala dengan normal. padahal di situ ada air yang tersedot dari filter ke ruang bakar yang membuat busi basah.

bahan bakar yang buruk

maksudnya yaitu bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan anda. misalnya Bahan bakar yang bagus untuk mesin injeksi yakni bensin tanpa timbal alias RON 92 (Pertamax). Tetapi anda ebih sering menggunakan bahan bakar dengan nilai RON 88 atau premium.

baca juga

kalau anda tidak tau bahan bakar apa yng cocok untuk motor anda , silahkan buka buku pandauan dari dealer . di situ juga diberi saran tentang penggunanan bahan bakar .

ring piston sudah aus

jika ring piston sudah aus maka akan ada oli yang masuk ke ruang bakar. dan ini bisa ditandai dengan asap putih yang keluar dari knalpot. dan jika busi sudah basah tidak akan bisa dinyalakan.

setelan karburator yang tidak pas

ini biasanya setelan karburator yang terlalu boros . atau setelan udara lebih kecil dari pada setelan bahan bakar . jadi bahan bakar akan lebih banyak yang masuk ke ruang bakan dan menimbulkan bahan bakar yang tidak terbakar membuat busi basah

cara mengatasi busi basah

  1. sering sering bersihkan kendaraan anda ini agar bisa lebih mudah untuk memantaunya.
  2. cek kondisi ring piston jika sudah mulai terlihat kebulan asap putih
  3. pilih bahan bakar yang sesuai jangan asal pakai karna murah nya atau yang lainnya
  4. setel karburator dengan tepat jika bingung cari pasnya bawa saja ke bengkel karena mekanik sudah tau feel nya
  5. service secara berkala di bengkel resmi atau bengkel biasa. agar tetap terjaga kondisi motor dan tetap fit

itulah artikel Busi Basah , Ini Penyebabnya yang juga saya rangkum dari berbagai sumber

0Shares

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*