Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Advertisement

Penyebab ac mobil tidak dingin sangatlah bervariasi namun yang jelas adalah adanya ketidak beres an yang terjadi pada sistem pendinginan ac mobil itu sendiri sehingga kita harus merunut satu – persatu bagian komponen yang berhubungan dengan sistem pendinginan jika mau agar AC mobil terasa dingin kembali. Apa saja sih yang perlu dicek untuk mengatasi ac mobil tidak terasa dingin ini, yuk disimak dengan baik.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Periksa freon AC mobil terlebih dahulu

Sebelum melangkah lebih jauh guna mendeteksi penyebab ac mobil kurang terasa dingin, yang perlu kalian lakukan ialah mengecek apakah freon yang ada didalam sistem pendingin AC mobil itu ada ataukah tidak, isinya kurang ataukah malah habis dengan cara membuka katup dari selang bertekanan tinggi pada sistem AC yang biasa ditandai dengan kode huruf “H”.

Silahkan buka penutup katup nya dan cek menggunakan alat ukur tekanan, namun jika kalian tidak punya coba saja tusuk dengan menggunakan obeng kecil, jika terdengar suara jesss sembari mengeluarkan bau freon tandanya freon masih ada, lanjut ke langkah berikutnya. Pastikan kalian menutup hidung ketika melakukan ini sebab gas freon sangat tidak baik untuk kesehatan.

Baca juga : Ternyata rutin ganti oli kompressor AC itu penting loh

Periksa saringan AC mobil siapa tahu kotor

Setelah yakin penyebabnya bukanlah dari freon, langkah yang bisa kalian ambil selanjutnya adalah dengan mengecek filter blower yang biasanya ada di bagian bawah dasboard mobil. tiap mobil tentu saja memiliki tempat atau lokasi yang berbeda – beda namun yang pasti biasanya ada dibawah dashboard depan kiri kendaraan. Ambil dan bersihkan debu yang mungkin menempel di bagian filter tadi hingga bersih, lalu pasang kembali ke tempat asalnya.

thermistor toyota avanza
Contoh thermistor milik toyota avanza

Periksa sensor temperatur suhu

Jika membersihkan saringan blower ac masih tidak menyembuhkan ac mobil tidak dingin ini, ada kemungkinan rusaknya sensor suhu atau temperatur alias thermistor censor yang biasanya terletak dekat atau menempel di bagian evaporator yang letaknya ada dibawah dashboard mobil, untuk yang satu ini dibutuhkan keahlian khusus sebab untuk membongkar dan mengecek sensor ini cukup rumit. Jika kalian tidak bisa melakukan sendiri alangkah baiknya serahkan ke ahlinya saja.

Dryer AC kotor

Dryer merupakan komponen yang berbentuk seperti tabung yang letaknya biasanya ada diantara kondensator dan katup expansi dimana fungsi dari komponen ini adalah sebagai penyaring / filter dari kemungkinan adanya kotoran yang berasal dari kompressor AC maupun salurannya, agar tidak masuk kedalam katup expansi. Bila dryer kotor tentu sirkulasi freon cair tidak bisa mengalir maksimal sehingga ac jadi kurang dingin. Jika dryer kotor lakukan penggantian.

Kompressor AC bermasalah

Jika semua hal diatas sudah diperiksa dan tidak ada sumber masalah yang ditemukan, ada kemungkinan kompressor AC yang bermasalah. Biasanya akan terdengar bunyi abnormal ketika kompressor AC bekerja, jika memang demikian mau tidak mau kalian harus melakukan repair kompressor AC ke bengkel ahli. Atau jika terasa harga nya terlampau mahal, kalian bisa mencoba membeli kompressor fulsett copotan yang bisa kalian dapat dari toko sparepart bekas copotan.

Baca juga : Mengenal fungsi kondensor pada ac mobil

Tinggalkan komentar