Cara Merawat Kunci Ring Pas Agar Awet

Advertisement

Automotivexist.blogspot.com – kunci atau wrench merupakan peralatan utama yang digunakan oleh para mekanik bengkel guna menuntaskan pekerjaan mereka, sehingga merawatnya pun wajib agar peralatan tadi bisa awet.

Cara merawat kunci tool set

Awetnya peralatan bengkel tadi tentunya akan berimbas pada pengeluaran tak terduga akibat kunci / wrench yang mengalami kerusakan tadi.

Lalu bagaimana caranya untuk merawat kunci – kunci perbengkelan yang kita miliki ? Dibawah ini adalah beberapa tips cara merawat dan menggunakan kunci – kunci tool dengan baik.

Gunakan sesuai fungsi kegunaannya

Dalam menggunakan kita juga wajib tahu bagaimana cata menggunakan alat tersebut. Dan pastikan menggunakan sebagaimana mestinya agar kunci tidak mengalami kerusakan.

Misal saja saat hendak membuka baut yang keras, usahakan memakai kunci ring terlebih dahulu, setelah kendur baru gunakan kunci pas. Hal ini tentu akan mencegah kerusakan kunci pas jika dipaksakan membuka baut yang keras bukan ?

Gunakan alat lain jika alat standar tidak berhasil

Jangan sekali – kali memaksakan diri membuka baut atau mur dengan peralatan standar jika memang hal tersebut sulit dilakukan, misal saja baut atau mur macet. Kalian bisa mencoba membuka dengan alternatif lain seperti memakai kunci shock dengan sleeding/flexible handle ketimbang memakai kunci ring-pas.

Atau pakailah kunci inggris terlebih dahulu untuk mengendurkan mur yang keras setelah kendur baru gunakan kunci pas /open end wrench. Hal ini semata – mata guna menghindari kerusakan kunci akibat salah dalam penggunaan.

Kembalikan kunci ke tempat semula

Sering kali kita kesulitan menemukan kunci yang dibutuhkan akibat meletakkannya secara sembarangan, tidak sesuai urutan dan tidak sesuai pada tempatnya. Bahkan resiko kunci hilang pun sangatlah besar. Oleh sebab itu setelah selesai memakai kunci apapun alangkah baiknya kembalikan ke tempatnya semula.

Rutin membersihkan kunci sehabis dipakai

Sama halnya dengan peralatan lain, kunci – kunci pun juga wajib dibersihkan setelah sehabis dipakai walaupun pekerjaan kalian belum tuntas karena keterbatasan jam kerja.

Kunci yang kotor tentu bisa menyebabkan timbulnya karat yang selain merusak keindahan dari kunci tadi, juga bisa menuruhkan kualitasnya akibat korosi. Untuk membersihkan peralatan kalian bisa menggunakan kain bersih yang dicelup sedikit minyak pelumas sehingga selain bersih kunci juga bebas karatan.

Nah itulah tadi tips merawat kunci kunci atau tool set yang bisa kalian coba terapkan di tempat kerja atau di bengkel mini milik kalian. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar