Fungsi Oli Absorber Fungsi Oil Absorber

Advertisement

Fungsi oli absorber – keberadaan shock absorber pada kendaraan memang sangat penting guna menunjang peredaman goncangan yang terjadi ketika kendaraan dipakai melewati jalanan yang bergelombang / tidak rata.

Bila komponen ini sampai rusak bisa menyebabkan timbulnya pantulan yang tidak diinginkan seperti kendaraan limbung dan lain sebagainya. Selain membuat kurang nyaman juga tak menutup kemungkinan bisa menyebabkan celaka.

Pada sebuah sistem absorber tertutup seperti yang kebanyakan ada pada kendaraan roda 4 saat ini, jika absorber rusak biasanya akan langsung dilakukan penghantian absorber baru oleh dealer / bengkel. Sebab absorber model ini jikapun dipaksa diperbaiki umur nya tak akan lama.

Fungsi oki absorber fungsi shockbreaker

Namun pada kendaraan bermotor roda 2, umumnya absorber yang ada di bagian depan bisa dilakukan repair jika terjadi kerusakan karena memang untuk sepeda motor rata – rata repairable.

Biasanya pada sepeda motor yang umum sih hanya mengganti oli absorber atau oli shockbreaker plus seal oli saja. Jarang mengganti part lain seperti per pegas karena komponen ini tidak mudah rusak, kecuali motor memang ingin dimodifikasi dengan tujuan tertentu. Lalu apa sih fungsi oli absorber yang disebutksn tadi ?

Fungsi oli shockbreaker

Oli absorber atau yang lebih dikenal dengan oli shockbreaker ini berfungsi sebagai penyerap dari getaran yang dihasilkan oleh gerakan naik turun shock absorber sehingga getaran tadi bisa diminimalisir atau bahkan tidak terasa naik ke setir atau body kendaraan.

Penggunaan oli absorber ini tentu harus disesuaikan dengan takaran tabung absorber yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Jika terlalu banyak biasanya akan menyebabkan pantulan menjadi keras dan tidak nyaman, namun bila terlalu kurang bisa menyebabkan kendaraan terasa banyak memantul bahkan limbung.

Namun sekali lagi hal ini tidak mutlak dimana jika kendaraan difungsikan atau dikhususkan pada medan dan keadaan tertentu kalian bisa menambah atau mengurangi dari takaran yang telah direkomendasikan. Misal motor atau mobil digunakan untuk kompetisi yang mengharuskan shock absorber harus di setting lebih keras.

Baca juga : Nama komponen suspensi dan fungsinya

Nah semoga informasi diatas bisa bermanfaat buat kalian yang mungkin saat ini sedang mencari fungsi dari oli shockbreaker.

Tinggalkan komentar