Mobil Narik Kanan Kiri Saat Injak Lubang

Advertisement

Mobil narik kiri saat kena lubang atau mobil narik kanan saat injak lubang memang salah satu dari sekian banyak masalah yang terjadi pada sistem kestabilan mengemudi.


Masalah ini sangatlah membuat kita sebagai pengemudi jadi kurang nyaman dalam mengendalikan kendaraan.
Lalu apa sih yang menyebabkan mobil tiba tiba narik kiri atau kanan saat injak lubang di jalan ?
Mobil narik injak lubang
Credit img : mirror.co.uk

Karena masalahnya hanya terbatas pada ketika mobil menginjak lubang saja yang selanjutnya menjadi narik ke arah kiri ataupun ke arah kanan, sedangkan jika di aspal bagus mobil tidak terasa narik biasanya disebabkan karena adanya salah satu suspensi mobil yang kurang bagus.
Entah itu suspensi mengalami kebocoran ataupun tingkat kekerasan antara suspensi yang kiri dan kanan berbeda.
Sehingga hal ini memungkinkan saat mobil melaju dan menginjak lubang di jalanan, salah suspensi yang lemah tadi tidak bisa meredam dan mengontrol guncangan yang diterima oleh mobil. Sehingga mobil pun akan narik ke salah satu sisi saat menginjak lubang.
Jika setelah menginjak lubang mobil tadi cenderung lari ke kanan, kemungkinan suspensi sebelah kanan yang mengalami kelemahan, begitu sebaliknya.
Saran jika mengalami hal ini cobalah lakukan pengecekan suspensi mobil terlebih dahulu, jika ditemukan ada suspensi yang lemah sebaiknya lakukan penggantian dan dilanjutkan dengan penyetelan geometri roda atau yang dikenal dengan istilah Spooring.
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar