Nama Alat-Alat Bengkel Otomotif: Fungsi…

Bisaotomotif.com, Alat-Alat Bengkel Otomotif dan Fungsinya – Dalam pekerjaan di bengkel-bengkel otomotif, baik itu bengkel motor maupun bengkel mobil membutuhkan peralatan-peralatan untuk membongkar pasang komponen.

Karena tidak mungkin seorang mekanik menggunakan tangan kosong dalam melakukan perbaikan motor/mobil. Peralatan-peralatan ini ada karena hampir semua komponen di dalam kendaraan bermotor baik itu motor, mobil, bus dll disatukan menggunakan baut yang bisa dilepas dengan kunci-kunci atau alat-alat bengkel.  

Jadi fungsi dari alat-alat bengkel otomotif adalah alat yang digunakan untuk melakukan dan memudahkan dalam hal pembongkaran, perbaikan, hingga pemasangan kembali komponen mesin. Dengan kata lain yang lebih spesifik lagi bergungsi untuk membuka dan mengencangkan (mengunci) sebuah baut terhadap murnya atau sebaliknya.

Sementara itu peralatan bengkel yang digunakan sebagai alat bantu kerja ini dibagi menjadi dua, yaitu alat tangan dan alat bertenagan. Alat tangan merupakan alat-alat bengkel otomotif yang penggunaannya hanya mengandalkan tenaga manusia, contohnya seperti kunci ring, kunci pas, obeng, tang, kunci shock dll.

Sementara alat bertenaga adalah peralatan bengkel yang penggunaannya membutuhkan tenaga dari luar, seperti kompresor, air gun, air impact wrench, las listrik, dongkrak elektrik, dll.

Kunci-kunci otomotif yang biasa terdapat di bengkel ini banyak sekali jumlahnya, ditamba lagi nantinya ada spesial tools yang digunakan pada saat-saat tertentu saja.

Tapi khusus pembahasan kali ini adalah alat-alat bengkel yang paling umum digunakan di bengkel-bengkel otomotif baik itu bengkel motor maupun bengkel mobil, apa sajakah peralatan bengkel tersebut? Simak dibawah ini :  

Alat-alat Bengkel Otomotif dan Fungsinya 

Daftar Isi

1. Kunci Pas (Open End Spanner)

Gambar kunci pas

Kunci pas adalah kunci yang dapat digunakan untu melepas baut atau mur yang tidak dapat dilepas menggunakan kunci ring, dengan bentuk seperti rahang yang tidak tertutup. Sebagai contoh untuk melepas baut spion, menyetel toe dll.

Kunci pas ini lebih berpotensi selip dan berpotensi merusak kepala baut atau mur bila digunakan untuk melepas mur/baut yang masih kencang. Kunci pas ini terbuat dari bahan baja tensi tinggi.

2. Kunci Ring (Offset Ring Spanner)

Gambar kunci ring dengan berbagai ukuran.

Kunci Ring adalah kunci yang digunakan untuk melepas baut atau mur, yang kepalanya tertutup (berbentuk lingkaran) dengan jumlah gigi 12. Kunci ring memiliki offset sekitar 45 derajat, dengan sudut sebesar ini maka memungkinkan spanner dapat terpasang tepat pada mur/baut, dengan posisi yang sulit.  

Karena ujung persegi dalam kunci ring ini dapat bercocokan dengan sudut mur/baut maka kemungkinan terjadinya selip kecil, dengan syarat tidak terjadi kerusakan pada kepala baut/mur dan sudut pada kepala kunci ringnya.  

3. Kunci Pas – Ring (Combinatin Spanner)

Gambar kunci pas ring (kunci kombinasi)

Kunci pas ring adalah kunci kombinasi antara kunci pas dan kunci ring, satu sisi berkepala seperti kunci ring, dan sisi lainnya berkepala kunci pas. Masing-masing kepala memiliki ukuran yang sama. Fungsinya adalah untuk melepas dan mengendorkan baut.  

Kunci pas ring ini dapat digunakan secara praktis, umumnya kunci ring digunakan untuk pertama kali mengendurkan yang kemudian dapat digunakan untuk melepas agar lebih cepat. Sementara unguk mengencangkan baiknya menggunakan kunci…

Source

Tinggalkan komentar