Apa Itu Sudut Caster Pada Mobil

Advertisement

Apa itu caster – mungkin ada sedikit pertanyaan mengenai istilah yang satu ini jika kalian adalah pemilik mobil, sebab istilah ini akan keluar dari hasil data print out dari sebuah pengerjaan spooring mobil. Setidaknya kalian akan menemukan istilah seperti sudut camber, sudut caster, sudut toe in, sudut KPI, Setback dan lain lain namun pada kesempatan kali ini kita akan berfokus membahas arti sudut caster pada sebuah kendaraan.

Pengertian sudut caster

Secara bahasa sudut caster ialah sebuah sudut imaginer kemiringan yang terbentuk dari selisih antara titik nol atau tegak lurus yang berpusat pada sumbu putar kemudi roda ( axis ) bagian atas dengan sudut kemudi roda bagian bawah terhadap garis vertikal lantai jika dilihat dari arah samping yang dinyatakan dalam satuan derajat. Agar kalian dapat dengan mudah memahaminya silahkan kalian lihat gambar contoh dibawah ini :

Apa Itu Caster Mengenal Arti Sudut Caster

Gambar diatas akan sedikit bisa membantu kalian mengenai sudut kemiringan caster roda depan suatu kendaraan dimana gambar diatas menunjukkan perubahan sudut caster tegak lurus ke sudut caster positif.

Pada umumnya semua kendaraan baik itu mobil, sepeda motor maupun sepeda kayuh menggunakan sudut caster positif karena sudut caster positif memberikan kontrol yang nyaman ketika kendaraan tersebut dikendarai.

Namun begitu ada baik dan buruknya menggunakan sudut positif maupun negatif, adapun itu silahkan disimak informasi dibawah ini.

Kelebihan kekurangan sudut caster positif

Kelebihan sudut caster positif

Kontrol kemudi menjadi lebih enak dan nyaman
Ketika kendaraan digunakan belok patah, saat setir dilepaskan akan otomatis bisa kembali ke posisi mendekati lurus atau bahkan lurus sempurna. sehingga kita tidak perlu repot memutar setir kembali setelah belok.
caster yang lebih positif menentukan kestabilan suatu kendaraan, misalnya kendaraan yang sudut casternya 3.30° tentu akan lebih enak dan nyaman jika dibandingkan 1.30°.

Kekurangan sudut caster positif

Kekurangan jika sudut caster mobil terlalu positif misalnya saja lebih dari 7.00° tentu akan memberikan efek kemudi lebih berat saat digunakan belok patah. Namun sebagai gantinya kemudi akan lebih cepat kembali ke posisi lurus.

sudut caster mobil

Kelebihan kekurangan sudut caster negatif

Kelebihan caster negatif

Kelebihan dari penggunaan caster negatif ialah kemudi akan jauh terasa lebih ringan dibandingkan dengan caster positif, namun caster negatif memiliki banyak kelemahan.

Kekurangan caster negatif

Saat kemudi selesai dipakai belok patah, kemudi tidak bisa langsung kembali ke posisi lurus bahkan harus dibantu menggunakan tangan alias kemudi menjadi pasif.
Selain itu setir kemudi akan terasa melayang dan sulit dikendalikan, terlebih bila sudut camber terlalu plus serta toe terlalu out.

Setiap kendaraan tentu saja memiliki spesifikasi standar dari manufactur mengenai besar kecilnya sudut caster yang ada pada produk mereka. Namun begitu bukan berarti sudut sudut tadi harus disetel sesuai dengan data yang dikeluarkan manufactur, melainkan kita bisa menggunakan data atau penyetelan tergantung dengan apa yang kita butuhkan serta seberapa nyaman kita dalam mengendarai kendaraan.

Baca juga : Pengertian apa itu sudut camber

Nah semoga sedikit informasi diatas bisa membantu kalian yang mungkin belum paham mengenai apa sih yang dimaksud sudut caster pada mobil, motor dan sepeda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar