“Dipilih-dipilih,” Ini 15 Saham Perusahaan…

Gimana ya prospek perusahaan otomotif di 2019? Kira-kira makin bagus apa sebaliknya?

Semua tentu tahu bahwa tahun 2019 adalah tahun politik, namun nilai tukar Rupiah terhadap Dolar justru lagi baik. Selain itu, gak sedikit juga produsen mobil yang meluncurkan produk-produknya di tahun ini. Itu artinya, kinerja mereka bisa lebih positif di tahun ini.

Belum lagi, pemerintah mendorong Roadmap Revolusi Industri 4.0 termasuk sektor otomotif, pembangunan infrastruktur jalan tol yang masif dan minat masyarakat membeli kendaraan.

Itu artinya, saham-saham dari perusahaan otomotif tentu bisa dikoleksi dari sekarang. Apalagi, beberapa harga saham dari perusahaan-perusahaan ini memang lagi nyungsep.

Buat kamu yang tertarik mengoleksi saham-saham perusahaan otomotif, mungkin ada baiknya kamu kenalan dulu deh sama saham-saham otomotif di bursa. Yuk cari tahu lebih lanjut di bawah sini.

15 Saham perusahaan otomotif di bursa. (MoneySmart)

Baca juga: Dulunya Cuma Ratusan Perak, Harga Saham-Saham Konstruksi Ini Terus Menanjak

1. PT Astra International Tbk (ASII)

Grafik saham ASII. (Google)

Semua tentu tahu dengan perusahaan konglomerasi yang sahamnya kerap diperdagangkan asing ini. Astra sendiri merupakan raksasa otomotif di Indonesia untuk kendaraan roda empat, roda dua hingga kendaraan niaga.

Saham perusahaan ini 50,11 persen dipegang oleh Jardine Cycle & Carriage Ltd. Sementara itu, 49,84 persen diperuntukkan ke publik.

Baca juga: Kamu Bakalan Rugi Kalau Gak Memanfaatkan Trik-Trik Jitu Menabung Saham Ini

2. PT Astra Otoparts (AUTO)

Grafik saham AUTO. (Google)

Kalau yang ini adalah anak perusahaannya Astra juga, namun fokus usahanya adalah menjual spare parts atau suku cadang untuk kendaraan roda empat maupun dua.

Yang jelas, PT Astra International Tbk menguasai 80 persen saham AUTO, sedangkan yang 20 persen sisanya adalah jatahnya masyarakat.

Baca juga: Ini Dia 20 Saham yang Terkenal Suka Bagi-Bagi Dividen ke Investor

3. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX)

Grafik saham MPMX. (Google)

Tahu mobil merek Datsun? Mobil tersebut didistribusikan oleh perusahaan otomotif yang kode sahamnya MPMX. Belum lama ini, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) juga menambah kepemilikan saham MPMX.

Intinya, saat ini 48,62 persen saham MPMX dikuasai oleh SRTG, 15,33 persennya dikuasai Morninglight Investment S.a.r.l. Luxemburg, 6,80 persen dikuasai Claris Investment Pte Ltd, Singapore, dan 22,17 persen untuk publik.

4. PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS)

Grafik saham IMAS. (Google)

Dari nama depannya saja sudah ketebak bahwa ini adalah perusahaan otomotif di bawah naungan Indomobil Group. Fokus usahanya di bidang ritel, layanan purna jual dan pembiayaan kendaraan bermotor. Belum lagi, mereka punya anak usaha lain di bidang otomotif.

Sejauh ini, 71,49 persen saham IMAS dipegang oleh Gallant Venture Ltd., 18,17 persen dipegang PT. Tritunggal Intipermata, dan 10,34 persen diperuntukkan ke publik.

5. PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL)

Grafik saham GJTL. (Google)

Pasti familiar dong sama merek ban Indonesia yang produknya laris di luar negeri ini. Saham Gajah Tunggal juga bisa kamu beli. Apalagi kalau kamu adalah konsumen produknya, tentu bakal makin yakin dong belinya.

Sampai saat ini, Denham Pte Ltd menguasai 49,52 persen saham GJTL. Sementara itu, Compagnie Financiere Michelin menguasai 10…

Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *