Penyebab Aki Mobil Motor Sering Drop

Advertisement

Penyebab aki sering drop – keberadaan aki pada kendaraan memang sangatlah vital, sebab tenaga listrik yang tersimpan didalam aki inilah yang berguna membantu kita menyalakan mesin untuk pertama kalinya sebelum mesin mengambil tenaga dari dinamo amper alias alternator.

Jika aki mobil atau motor mengalami drop, sudah pasti kita akan kesulitan menyalakan kendaraan, satu – satunya jalah ialah dengan melakukan starter dorong jika kendaraan kita memungkinkan untuk starter dorong. Jika ternyata tidak bagaimana ?

Solusinya tentu hanya dua, yang pertama adalah menerima bantuan berupa jumper aki dari kendaraan lain, atau memanggil jasa towing untuk menggendong mobil dan mengantarkannya ke bengkel terdekat. Nah tentunya menjaga kondisi aki selalu prima dan siap setiap saat memang sangat diperlukan.

Lalu apa sih yang menyebabkan aki bisa mengalami drop ?

Aki bisa mengalami penurunan kemampuan dalam hal menyimpan kapasitas listrik seiring penggunaannya dan dalam jangka waktu tertentu. Normalnya aki akan mengalami drop secara bertahap saat usia menginjak 1 tahun dan terus menurun saat usia aki mencapai 2 tahun.

Namun ada kalanya aki mobil / motor ini mengalami drop bahkan dengan usia pakai dibawah 1 tahun, misalnya saja baru dipakai 6 sampai 12 bulan aki sudah drop parah.

Jika ada diantara kalian yang memiliki masalah seperti ini, ada kemungkinan besar kalian menambahkan peralatan elektronik kedalam mobil / motor seperti menambah lampu – lampu, perangkat audio, menggunakan lampu berdaya watt besar bukan bawaan kendaraan dan lain lain.

Penggunaan perangkat – perangkat tadi tentu saja akan menambah beban aki menjadi lebih besar, bila aki tidak mampu mensuplay daya pada perangkat tersebut, hal inilah yang kemudian memicu kenapa aki bisa cepat sekali drop.

Supaya tidak terjadi yang demikian salah satu cara agar aki tidak ngedrop an, kalian tentu perlu menghitung daya keseluruhan yang dibutuhkan oleh mobil, dan mengimbangi penggunaan aki dengan kapasitas daya yang sesuai. Atau dalam arti kalian perlu menaikkan kapasitas daya aki yang kalian miliki, misal saja aki bawaan mobil sebelumnya hanya 12V 65Ampere, kalian bisa memakai aki berkapasitas 12V 75Ampere.

Namun bila mobil atau motor kalian semuanya dalam keadaan standart, tidak melakukan penambahan perangkat elektronik yang membebani aki tapi aki sering tekor, kalian bisa curiga ke perangkat dinamo ampere atau alternator mobil atau spul motor yang tidak bekerja dengan baik alias rusak. Biasanya pada mobil jika IC alternator rusak akan menyebabkan tidak bisa mengisi aki sehingga aki mudah drop dan perlu di cas pake alat cas manual. Dan ketika dipasangkan ke mobil kembali tidak lama akan ngedrop lagi begitu seterusnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *