Ganti Aki Dengan Ampere Lebih Tinggi Apakah Aman

Advertisement

Ganti aki dengan ampere lebih tinggi terkadang ada juga yang masih bingung mengenai penggantian aki mobil maupun motor mereka, dan sebagian lagi merasa takut mengenai kemanan kendaraan ketika mengganti aki dengan ampere yang lebih besar dari bawaan standarnya.

Apakah ganti aki dengan ampere lebih tinggi aman ?

Melakukan penggantian baterai aki dengan kapasitas ampere yang lebih tinggi tidak masalah selama voltasenya sama, sedangkan ampere baterai tidak jadi persoalan. Yang jadi masalah jika mengganti aki yang voltasenya berbeda, misalkan aki bawaan 12 volt, jika diganti dengan aki 24 volt tentu akan merusak komponen elektronik bawaan mobil / motor yang rata – rata 12 volt.

Ganti Aki Dengan Ampere Lebih Tinggi Apakah Aman

Selain itu dudukan aki yang ada pada mobil biasanya terlihat lebih besar dibandingkan dengan aki bawaan saat terpasang, hal ini dilakukan oleh pabrikan memang bertujuan agar bila sewaktu – waktu pemilik ingin mengganti aki dengan yang lebih besar, aki tadi bisa muat diletakkan disana.

Pertimbangan dalam penggantian aki ber ampere besar

Namun penggantian aki dengan kapasitas ampere yang lebih tinggi tentu tergantung lagi dengan situasi dan kondisi kendaraan, apakah kendaraan yang diganti aki nya masih dalam keadaan standar pabrikan dan tidak ada penambahan / penggantian komponen elektronik seperti lampu – lampu, head unit, penambahan sistem audio atakah tidak.

Jika mobil masih dalam keadaan standar ting – ting alias tidak ada modifikasi signifikan yang beresiko membuat aki ngedrop, tentu akan sangat sia – sia jika sampai mengganti aki ber ampere besar, sebab aki dengan kapasitas ampere lebih besar harganya juga lebih mahal. misal aki 12 volt 75 Ampere tentu lebih mahal bila dibandingkan dengan aki 12 volt 65 Ampere.

Namun bila mobil kalian telah mengalami modifikasi misal mengganti lampu dengan watt yang lebih tinggi, memasang peralatan audio didalam mobil, memasang lampu – lampu tambahan dan lain sebagainya tentu sangat disarankan untuk mengggunakan aki yang ber ampere besar agar aki mencukupi suplay daya kelistrikan yang dibutuhkan mobil setelah dimodifikasi.

Jika tidak diganti setelah mobil dimodifikasi kelistrikan seperti itu justru akan membuat aki standar bawaan yang mungkin ampere nya kecil cepat mengalami drop.

Tinggalkan komentar