Beli Kabel Jumper Aki Seberapa Penting ?

Advertisement

Kabel jumper aki merupakan salah satu peralatan yang termasuk dalam kategori alat darurat dimana berfungsi untuk mendistribusikan daya baterai dari mobil satu ke mobil yang lain tanpa harus melepas dan memindahkan baterai sebagai tindakan darurat ketika salah satu mobil tidak bisa distarter akibat kehabisan daya baterai alias aki tekor.

Dengan kata lain dengan memakai kabel jumper ini kita bisa meminjam daya listrik dari aki mobil lain tanpa kita perlu repot melepas dan memindahkan aki. Meskipun keadaan seperti ini sangat jarang ditemukan pada kasus mobil baru, namun tidak ada salahnya jika kita membeli guna berjaga – jaga siapa tahu kita atau ada orang lain yang membutuhkan pertolongan disaat mobil mengalami mogok akibat baterai drop.

Kabel jumper aki berkualitas

Jadi penting atau tidak sih memiliki kabel untuk jumper aki semacam ini ? menurut saja sih bisa dikatakan penting mengingat fungsinya yang vital dan praktis ini. Selanjutnya adalah hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan bila tertarik dan berminat dalam membeli kabel jumper aki ?

Karena di pasaran model serta kualitas dari kabel jumper ini bervariasi, agar kalian tidak salah dalam membeli kabel jumper dengan alasan faktor keamanan serta kemudahan dalam penggunaannya, kalian bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Beli kabel jumper berdiameter besar dan panjang

Hal utama yang perlu kalian tentukan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli kabel jumper aki ialah mengenai dimensi dari diameter kabel itu sendiri. Sebaiknya pilih kabel jumper yang memiliki diameter besar, Sebab semakin besar diameter kabelnya maka arus yang bisa dialirkan melalui kabel tersebut pun juga besar serta tidak membuat kabel tadi panas. Kabel berdiameter kecil sangat rawan terjadi panas saat dipakai yang bisa menyebabkan plastik bungkus kabel meleleh dan menyebabkan kebakaran.

Selain diameter yang besar, sebaiknya kalian pikirkan pula mengenai panjang dari kabel jumper yang akan dibeli, semakin panjang semakin bagus tentunya karena ketika hendak digunakan kalian tidak perlu mengatur mobil sedemikian rupa agar kabel bisa terhubung antara aki di mobil satu dengan mobil lainnya. Sebaiknya kalian beli kabel jumper yang panjang minimalnya adalah 3 meter. Perhatikan juga rating yang tertera pada kemasan produk kabel, semakin besar rating ampere yang bisa dilalui tentunya semakin bagus dan baik untuk dimiliki.

2. Pilih kabel berkualitas tinggi

Setelah menentukan seberapa besar diameter serta kabel yang bagus untuk dibeli, misalkan saja anda memutuskan membeli kabel jumper dengan diameter 22mm yang bisa dilalui arus 600 hingga 800A. Perhatikan pula kualitas kabel yang akan kalian beli tadi, apakah isolator pembungkus kabel tebal kuat dan elastis ataukah tidak ? Apakah klem ujung kabel jumper tadi dilapisi karet pembungkus sebagai pengamanan ataukah tidak ? Apakah material penjepit tadi kokoh ataukah malah mudah bengkok ?

Kabel jumper aki yang berkualitas biasanya memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang kualitasnya seadanya. Memiliki klem penjepit yang kuat, kokoh dan tidak mudah bengkok, penjepit mudah dibuka dan tidak membuat tangan terasa sakit, Serta menggunakan isolator atau pembungkus kabel yang tebal kuat dan elastis.

Tinggalkan komentar