Cara Reset RPM Nissan Naik Turun

Advertisement

Rpm mobil nissan naik turun alias rought idle biasanya sering terjadi saat mobil nissan selesai di tune up seperti saat setelah dilepas throttle body, melepas kabel aki dan lain sebagainya sehingga menyebabkan rpm mobil nissan naik turun tidak karuan susah langsam dan gas seperti ada delay.

Hal ini disebabkan karena ECU atau komputer yang mengatur seluruh kelistrikan mesin mengalami error karena kehilangan memory sehingga saat mesin mulai dinyalakan setelah tune Up, mesin akan mulai mencocokkan kembali data input yang masuk.

Cara Reset RPM Nissan Naik Turun

Untuk mengatasi hal ini biasanya teknisi nissan akan melakukan reset ECU guna menormalkan kembali idle mesin mobil menggunakan sebuah alat scanner seperti misalnya menggunakan consult III dan sejenisnya.

Namun cara reset ECU mobil nissan selain menggunakan tools scanner, juga bisa di reset secara manual menggunakan kombinasi kunci kontak dan injakan pedal gas yang biasa dikenal dengan kombinasi 3-5-7-10 yang penjabaran detailnya ialah sebagai berikut :

  1. Pertama silahkan putar kunci kontak dari posisi Off ke posisi On selama 3 detik.
  2. Selanjutnya adalah dalam waktu kurang dari 5 detik lakukan injak lepas injak lepas pedal gas dimana posisi terakhir adalah melepas pedal gas dan tunggu kurang lebih selama 7 detik.
  3. Setelah 7 detik lepaskan pedal gas dan tunggu selama 10 detik, perhatikan lampu check engine berkedip – kedip hingga selesai.
  4. Setelah lampu check engine tidak lagi berkedip silahkan starter mesin mobil sampai menyala.

Sebelum melakukan reset ecu seperti diatas pastikan kondisi aki mobil masih bagus dengan tegangan yang normal dan bisa dipakai untuk menstarter mesin. Bila cara diatas gagal coba ulangi dari awal, untuk proses injak lepas injak lepas padal gas lakukan dengan cepat dalam tempo kurang dari 5 detik, jika terlewat biasanya akan menyebabkan gagal.

Nah semoga tulisan cara reset ECU rpm mobil nissan naik turun diatas bisa bermanfaat dan berguna buat kalian yang mungkin mobilnya mengalami rought idle alias rpm susah idle gara – gara melepas throttle body setelah tune up.

Tinggalkan komentar