Mencabut Terminal Aki Apakah Perlu ?

Advertisement

Aki mobil ataupun motor merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan untuk memulai menyalakan mesin mobil, tanpanya tentu kita akan kesulitan untuk menyalakan mesin mobil ketika hendak digunakan. Karena fungsinya yang demikian inilah kita perlu untuk merawat aki mobil / motor agar tidak mudah rusak sehingga panjang umur dan tidak takut mogok gagal starter gara – gara akinya lobat.

Dari sekian banyak tips dan cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan perawatan aki, mencabut aki pada kendaraan yang sekiranya jarang sekali digunakan juga salah satu caranya. Kenapa aki harus dicabut saat mobil motor jarang dipakai ?

Mencabut Terminal Aki Apakah Perlu ?

Alasannya adalah untuk memutus total daya aki agar tidak terhubung kedalam sistem stanby seperti sistem jam, sistem alarm serta mengurangi resiko lain kebocoran arus aki yang menyebabkan aki mengalami drop parah dan tidak bisa lagi di charger.

Mencabut terminal aki pada mobil motor yang jarang digunakan ini selain bisa lebih memperpanjang usia dari si aki itu sendiri, juga bisa menghindarkan kita dari hal – hal yang beresiko lain akibat mobil lama terparkir, misalnya saja konsleting listrik tiba – tiba yang bisa menyebabkan kebakaran.

Namun ada kalanya jenis mobil tertentu tidak bisa serta merta dilakukan hal seperti ini, sebab beberapa mobil tadi bisa mengalami error jika sampai terminal aki dicabut dalam waktu yang lama, umumnya sih ecu mobil mengalami error seperti rpm dan jarum rpm mesin yang kacau naik turun hingga masalah lain.

Nah jika mobil kalian termasuk mobil yang terdampak masalah bila dilakukan pencabutan terminal aki, kalian tidak bisa melakukan hal ini untuk memperpanjang usia aki. Sebagai gantinya lakukan pemanasan mesin mobil secara berkala guna mencharger aki yang dayanya menurun karena terhubung kedalam sistem elektrikal mobil tadi.

Baca juga : Penyebab aki mobil dan motor sering drop

Nah itulah tadi artikel berjudul Mencabut Terminal Aki Apakah Perlu ?, memang mencabut terminal aki mobil ini diperlukan dalam kondisi tertentu, namun jika kondisi tidak memungkinkan selalu ada alternatif lain yang bisa kalian ambil tentunya 🙂 semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar