Beli Cordless Drill Bagus Berapa Volt ?

Advertisement

Cordless drill – Di era yang serba canggih seperti saat ini melakukan berbagai hal tentu akan lebih dimudahkan dibandingkan dengan jaman dulu, bahkan untuk kegiatan memasang dan melepas baut saja kita tidak perlu repot – repot mengeluarkan banyak tenaga karena peralatan seperti bor listrik baik yang menggunakan kabel maupun tanpa kabel ( cordless ) sudah banyak dijual dipasaran.

Ngomong – ngomong soal bor, bor cordless atau bor tanpa kabel saat ini paling banyak diminati mengingat alat ini lebih praktis tanpa kabel sehingga kejadian seperti jatuh terlilit kabel tidak mungkin terjadi. Bor cordless drill yang dijual di pasaran saat ini bervariasi baik dari ukuran bor itu sendiri, jenis motor penggeraknya serta seberapa besar kapasitas daya baterai yang digunakan.

Beli Cordless Drill Bagus Berapa Volt ?

Untuk soal kapasitas daya baterai lebih baik yang mana sih jika kita tertarik untuk membeli cordless drill ?

Sangat disarankan membeli bor cordless sesuai dengan kebutuhan dalam menggunakannya. Kalian bisa membeli cordless dril dengan tegangan 12 volt bila penggunaannya hanya sekedar membuka dan menyekrup komponen yang ringan. Atau kalian bisa membeli bor cordless dengan tegangan yang lebih besar misalnya saja 18 volt, 24 volt dan seterusnya. Karena semakin besar tegangan baterainya, maka semakin kuat kekuatan dari bor tersebut namun konsekuensinya adalah bor tadi lebih terasa berat saat digunakan karena dimensinya pasti juga lebih besar.

Pastikan saat membeli kalian benar – benar tahu bahwa bor tersebut memiliki kapasitas sesuai dengan yang kalian inginkan, sebab beberapa merk bor memiliki type bor yang penamaannya hampir menyerupai seberapa besar tegangan bor tadi padahal itu hanya sebuah type. Misalnya saja contoh dari bor merk Uchiha yang tertulis 32Vf, 32VF disini sebenarnya adalah type bor namun huruf V ditulis sebesar mungkin, namun huruf F nya ditulis lebih kecil sehingga seolah – olah terlihat seperti bor 32 V padahal bukan.

Yah itu memang sekedar teknik marketing saja sih akan tetapi banyak sekali yang belum paham mengira bahwa produk tadi berkapasitas 32 volt.

Selain voltase sebuah bor, yang perlu diperhatikan lainnya adalah soal merk, biasanya merk terkenal menggunakan baterai berkualitas yang sudah teruji keawetannya dibandingkan dengan bor cordless merk lokal. Selain soal ketahanan baterai, kontruksi dari planetary gearbox bor nya juga sangat berbeda. Cordless drill merk terkenal biasanya sih memiliki gigi planetary yang lebih banyak dibandingkan cordless lokal.

Fungsi dari gearbox planetary ini adalah menurunkan putaran rpm dari dinamo motor penggerak agar nantinya bisa diperoleh torsi yang lebih tinggi agar bor tadi lebih kuat dan tidak cepat berhenti ketika digunakan. Rata – rata cordless drill dari merk ternama memiliki mata planetary yang lebih banyak misalnya saja 4 atau 5 gigi kecil, berbeda dengan cordless lokal yang kebanyakan menggunakan 3 gigi saja.

Baca juga : Cara merawat cordless impact drivers

Namun bukan berarti semua produk lokal jelek, ada beberapa yang bagus dan juga memiliki nama baik dibawah merk – merk yang terkenal seperti bosch, dewalt, milwaukee dsb yang bisa kalian beli kok dengan harga yang lebih murah dengan kualitas yang hampir mirip.

Tinggalkan komentar