Cara Atasi Standar Tengah Motor Keras

Advertisement

Atasi standar motor keras – mungkin ada beberapa kasus dimana standar motor bagian tengah mengalami keras saat hendak digunakan sehingga kita jadi kesulitan untuk sekedar mengangkat body motor agar bisa ter standar dengan sempurna.

Hal ini tentunya sangat merepotkan bila kita hendak memarkirkan kendaraan di lokasi tertentu yang memang mengharuskan untuk menggunakan standar tengah tadi.

center standar motor macet

Salah satu penyebab kenapa standar motor jadi terasa keras adalah karena jarang digunakan entah karena alasan di awal per standar terlalu kaku sehingga untuk menstandar tengah harus mengeluarkan tenaga extra, yang pada akhirnya hanya mengandalkan standar samping setiap memarkirkan motor.

Nah kondisi seperti ini membuat standar tengah jarang digerakkan, ditambah terkena air dan debu secara terus menerus membuat timbulnya karat yang lambat laun akan membuat kedua besi standar menyatu sehingga sulit bahkan tidak bisa digerakkan sama sekali.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa melepaskan per pengikat standar, kemudian melumasi bagian as lubang standar memakai WD40 lalu menggerak – gerakkan naik turun sampai karat rontok dan menyemprotnya secara berulang – ulang memakai WD40. Setelah dirasa sudah lemas kalian bisa memasang kembali per pengikat ke posisi semula.

Bila menginginkan hasil yang sempurna kalian bisa melepaskan standar tengah terlebih dahulu sampai terlepas sempurna, membersihkan bagian yang karatan dengan menggunakan amplas dan WD40 sampai benar – benar bersih, kemudian memberikan pelumasan dan memasangnya kembali.

Dengan demikian kalian bisa menggunakan kembali standar tengah sepeda motor yang keras akibat jarang dipakai dan berkarat. Oh iya setiap seminggu sekali atau setelah motor terkena basah / dicuci sebaiknya lakukan pelumasan pada bagian as standar maupun bagian bergerak lain seperti rantai dll agar tidak timbul karat yang mengganggu dikemudian hari.

Tinggalkan komentar