Kenapa Aki Jaman Sekarang Cepat Drop

Advertisement

Automotivexist – bicara soal aki mobil memang kebanyakan aki yang digunakan pada mobil jaman sekarang terkesan cepat sekali mengalami kerusakan dan cepat mengalami drop, apakah memang demikian aki di mobil masa kini lebih cepat rusak ?

Faktanya memang demikian aki mobil saat ini rata – rata baru dipakai kurang lebih selama satu tahun atau setahun lebih sedikit terasa penurunan kualitasnya, bahkan saat di cek menggunakan battery tester semacam midtronic atau alat tes aki lainnya terlihat memang aki dalam kondisi yang demikian.

usia standar aki mobil

Hal ini memang sangat menjengkelkan bila setiap satu atau dua tahun sekali kita harus mengeluarkan uang extra untuk mengganti aki baru yang harganya bisa dikatakan mahal.

Memang jika dibandingkan dengan mobil jaman dulu penggunaan aki terkesan lebih awet karena mobil jaman dulu tidak begitu banyak peralatan kelistrikan yang membuat beban kerja aki menjadi berat, sehingga usia pakainya pun bisa panjang. Mobil jaman sekarang banyak sekali perangkat elektronik yang membutuhkan suplay daya mulai dari perlengkapan AC, multimedia, lampu – lampu dan berbagai macam hal lain yang membutuhkan daya aki sehingga beban aki menjadi lebih berat.

Imbasnya aki pun cepat mengalami peningkatan suhu dimana kondisi inilah yang dikemudian hari menjadi penyebab seolah – olah aki mobil jaman sekarang lebih cepat rusak, padahal dari segi beban saja sudah berbeda jauh.

Belum lagi jika ternyata mobil yang kalian beli kebetulan mobil stok lama yang ada digudang dimana mobil jarang dipakai dan menyebabkan si aki mengalami penurunan tegangan dan akhirnya sowak. Namun bila mobil baru sih tidak jadi masalah karena biasanya aki yang sowak sebelum masa pakai dan jarak tempuh tertentu masih diberikan garansi yang penggantiannya free.

Namun bila mobil sudah diluar masa tanggungan garansi apa donk yang harus dilakukan, apakah ada cara untuk menghemat supaya aki bisa bertahan lebih lama ? Beberapa kiat mungkin bisa kalian lakukan dengan membaca tulisan kami sebelumnya di bawah ini.

Baca juga : Cara ampuh merawat aki mobil

Atau kalian bisa memakai aki dengan ampere yang lebih besar dari ampere aki bawaan mobil, menaikkan ampere atau arus aki ini bertujuan untuk menurunkan beban yang ditanggung aki akibat penggunaan komponen kelistrikan yang berlebihan. Dengan besarnya ampere aki berarti aki mampu mensuplay daya listrik dengan lebih mudah tanpa aki mengalami panas berlebihan yang nantinya bisa lebih memperpanjang penggunaan atau usia aki mobil.

Tinggalkan komentar