Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

Advertisement

Setir mobil terasa berat memang sedikit mengganggu kita sebagai pengemudi mobil karena akan berdampak pada bahu kita yang akan terasa nyeri apalagi jika berkendara dalam waktu yang cukup lama. Rasa nyeri yang terakumulasi ini lambat laun bisa membuat aktivitas kita menjadi sedikit terganggu tentunya.

Namun apasih sebenarnya yang membuat setir mobil ini terasa berat, terutama jika kita bandingkan dengan mobil sejenis milik kita dengan punya teman yang ketika dikemudikan rasanya seperti mobil kita lebih berat setirnya ?
Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

Tekanan angin ban kurang

Hal pertama yang perlu kalian lakukan pengecekan jika setir mobil terasa berat yakni mengecek tekanan ban mobil, sebaiknya gunakan tekanan ban yang direkomendasikan oleh pabrikan yang bisasanya bisa kalian temukan di bagian pintu mobil depan kanan, disana kalian akan menemukan tekanan ban standar. Jangan pernah menggunakan tekanan dibawah standar karena selain bisa menjadi penyebab kemudi terasa berat, juga berakibat terhadap keausan ban yang tidak rata dimana ban sisi luar sekaligus sisi dalam akan lebih cepat aus sedangkan bagian tengah ban masih tebal.

Kaki – kaki understeel mobil ada yang macet

Untuk mobil lawas yang sudah lama dipakai ada kalanya bagian understeel atau kaki – kaki mobilnya akan mengalami kemacetan seperti misalnya ball joint atas, ball joint bawah, end tierod dan lain sebagainya sehingga dapat menyebabkan setir menjadi berat. Untuk itu coba lakukan pengecekan understeel apakah ada yang macet atau tidak, jika ada lakukan penggantian dengan komponen genuine sangat disarankan.

Menggunakan part bukan genuine

Biasanya untuk mobil lawas seperti isuzu panther, kijang kapsul dan sejenisnya lebih suka menggunakan part non genuine demi menghemat pengeluaran dimana part non genuine harganya pasti lebih murah. Namun tunggu dulu, tidak semua part non genuine itu jelek namun kebanyakan part non genuine ini lebih kaku dari part genuine sehingga dalam pemakaian yang lama akan membuat setir kemudi semakin terasa berat. Pastikan hanya memakai sparepart genuine agar kejadian ini tidak menimpa anda dikemudian hari.

Sudut camber terlalu negatif

Jika mengecek tekanan angin sudah, bagian undesteel juga tidak ada yang bermasalah dan semua komponennya genuine tetapi setir mobil terasa masih berat, cobalah lakukan pengecekan spooring siapa tahu setelan sudut camber roda depan terlalu negatif. Sudut camber negatif memang bagus karena camber negatif ini bisa memberikan kestabilan laju mobil ketika dikendarai, namun jika terlalu negatif sekali dampaknya memang setir mobil akan terasa berat.

Baca juga : Penyebab setir getar diatas 80km

Nah itulah urutan yang benar yang harus kalian lakukan jika setir mobil kalian terasa berat yaitu dengan mengecek tekanan angin terlebih dahulu, lanjut mengecek komponen kaki kaki mobil dan kemudian baru dilakukan penyetelan spooring untuk mendapatkan kembali setir mobil yang ringan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share tulisan kami diatas agar kami bisa lebih semangat dalam menulis :).

Tinggalkan komentar