Cara Melepas Mur Roda Dol Slek

Advertisement

Mur roda mobil yang mengalami dol di bagian ulir dalam nya akan menjadi masalah besar ketika kita hendak mengganti ban yang bocor atau kempis dijalan. Pasalnya mur roda yang sudah dol ini hanya bisa terputar ditempat sehingga membuat kita malah akan tambah frustasi dibuatnya sebab kita jadi tidak bisa melakukan apa – apa sehingga mau tak mau kita harus memanggil tukang derek / towing atau memanggil teknisi panggilan guna mengatasinya.

Lalu adakah solusi lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah cara melepas mur roda dol slek ini sendirian ?

Cara Melepas Mur Roda Dol Slek

Adapun kemungkinan bisa mengatasi hal ini namun tingkat keberhasilannya sangatlah rendah namun bisa kalian coba melakukannya. Caranya adalah bila bagian mur tadi masih bisa kembali dilakukan pengencangan alias masih bisa diputar ke arah mengencangkan mur, paksa saja mur tadi rapat dan kencang.

Selanjutnya dengan sekuat tenaga kalian kencangkan sampai mur tadi sangat rapat ( bisa dibantu pakai pipa besi / bambu ), sampai baut rodanya patah agar nantinya kalian bisa mengganti roda secara darurat dijalan. Setelah itu kalian bisa mampir ke bengkel mobil guna mengganti baut yang sudah kita patahkan secara darurat tadi.

Apakah aman hanya menggunakan 3 baut roda saja ?

Setidaknya ada 4 buah baut yang menahan agar roda mobil tidak terlepas saat kita kendarai, jika patah hanya satu buah masih aman kok menggunakan hanya 3 buah baut, namun dalam berkendara menggunakan 3 buah baut ini sebaiknya jangan dipakai ngebut.

Kenapa mur roda bisa mengalami dol ?

Mur roda yang mengalami dol biasanya ada kesalahan saat melakukan pemasangan sebelumnya, misalnya mur belum masuk benar sudah buru – buru dikencangkan sehingga saat dibuka lagi kerusakan tadi malah semakin parah dan membuat ulir dibagian dalam mur mengalami kerusakan.

Bisa juga saat memasangkan mur roda, terdapat pasir yang menempel entah di bagian dalam mur ataupun di permukaan baut roda, sehingga saat dikencangkan pasir yang terjebak didalam mur menyebabkan ulir menjadi aus dan rusak. Maka sebab itu sebaiknya kalian benar – benar memeriksa kebersihan permukaan mur dan baut roda sebelum memasang dan mengencangkan kembali.

Penyebab lain kenapa mur roda bisa rusak adalah karena terlalu kencangnya kita saat memasangnya, misalnya saja kita ragu saat memasang dan memilih menggunakan pipa tambahan untuk melakukan pengencangan. Hal ini malah mengakibatkan ulir baut dan ulir mur saling tertarik dan mengalami kerusakan.

Sebenarnya mengencangkan mur roda jika tidak memiliki alat torsi atau alat ukur kekencangan roda, cukup dikencangkan dengan kunci palang atau kunci L sampai rapat dan dilakukan sedikit penekanan tangan atau diinjak sedikit menggunakan kaki sudah cukup aman, tidak perlu menggunakan pipa panjang yang malah rawan merusak ulir.

Baca juga : Pengertian dan fungsi kunci momen atau torsi

Namun bila ternyata mur roda kalian tidak bisa dilepas dan bahkan saat mau dikencangkan juga tidak kunjung rapat alias hanya terputar ditempat, satu – satunya cara adalah dengan menderek mobil ke bengkel terdekat guna melepasnya dengan cara di blender atau dipanasi dengan las dan dibelah mur nya.

Tinggalkan komentar