Biaya Bubut Disc Brake Cakram Mobil

Advertisement

biaya bubut disc brake – biasanya mobil yang sudah berusia agak tua atau mobil yang salah dalam penggunaannya menyebabkan bagian piringan atau cakram rem mengalami bengkok, aus tidak rata bahkan timbul karat yang menyebabkan rem maupun kemudi mobil terasa bergetar tiap kali melakukan pengereman.

Jika sudah begitu satu – satunya jalan agar pedal rem maupun setir mobil tidak terasa bergetar saat di rem maka bagian piringan cakram atau lebih dikenal dengan sebutan disc brake harus dilakukan pembubutan agar permukaannya rata dan tidak oleng.

Biaya Bubut Disc Brake Cakram Mobil
Pro cut lathe machine, image by : https://fulcrumpd.com/?portfolio=pro-cut-lathe-brake

Proses bubut disc brake cakram mobil ini pun bervariasi tergantung peralatan yang digunakan, apakah harus dibawa ke ahli bubut atau di bengkel yang bersangkutan memiliki alat bubut portable. Jika pun harus dilakukan pembongkaran bagian disc brake dan membawanya ke tukang bubut, perlu juga menghitung estimasi waktu karena mungkin di tempat ahli bubut sana banyak antrian.

Sangat enak jika bengkel langganan servis mobil kalian memiliki mesin bubut portable, jika tidak sedang antri proses bubut hanya memakan waktu kurang lebih setengah hingga satu jam saja. Hal ini dikarenakan alat bubut yang portable sehingga bisa dikerjakan langsung di mobil tanpa harus membongkar disc brake.

Biaya bubut disc brake cakram mobil

Ngomong – ngomong soal biaya membubut cakram pun bervariasi tergantung apa yang sebelumnya kami sebutkan diatas, apakah harus dilepas dan dibawa ke bengkel ahli bubut, atau dikerjakan menggunakan mesin bubut portable. Jika harus dilepas dan dibawa ke ahli bubut tentu selain kita kena biaya pembubutan kita juga akan kena biaya bongkar pasang.

Namun jika pengerjaan dikerjakan menggunakan mesin bubut portable sih umumnya tidak dikenai biaya bongkar pasang karena sudah termasuk dalam bagian pengerjaan itu sendiri.

Umumnya rata – rata biaya bubut disc brake cakram mobil bergantung pada besar kecilnya ukuran cakram, jika cakram berukuran kecil hingga medium, misal cakram mobil avanza xenia, agya ayla, rush dan sejenisnya dikenakan ongkos Rp 100.000 – Rp 150.000/disc.

Untuk ukuran disc brake yang lebih besar seperti milik fortuner, pajero,land cruiser dan sejenisnya biasanya dikenakan biaya lebih mahal lagi yang berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 250.000/disc.

Tiap bengkel memang mematok harga yang bervariasi karena hal ini kembali lagi kepada kebijakan masing – masing bengkel dalam menentukan tarif. Memang terdengar mahal sih namun jika dibandingkan kalau kalian membeli disc brake baru, tentu uang 150 ribu hingga 250 ribuan tadi terasa sangat murah.

Bagi yang masih ragu soal biaya bubut disc brake ini, kalian bisa menanyakan ke bengkel langganan kalian masing – masing soal harga nya. Di bengkel ATPM atau dealer resmi saat ini umumnya memiliki mesin bubut portable yang bisa mengerjakan pembubutan lebih cepat dengan ongkos yang tergolong murah seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya diatas.

Baca juga : Berbagai penyebab setir mobil terasa getar

Leave a Reply