Santa Fe 2021 lebih mewah dengan mesin 2.5 liter

Jakarta (ANTARA) – Hyundai telah memperkenalkan SUV Sante Fe 2021, yang mengusung desain lebih mewah serta mesin lebih gede, 2.5 liter, tidak seperti generasi sebelumnya yang menggunakan 2.0 liter dan 2.4 liter tanpa tersedia versi hibrida.

Hyundai untuk pertama kalinya bakal melengkapi lini Sante Fe dengan propulsi hybrid yang diproduksi di Ulsan, Korea, sedangkan yang bermesin pembakaran internal dibuat di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Alabama, Amerika Serikat.

Santa Fe 2021 bermesin bensin akan tiba di diler-diler Hyundai pada akhir tahun ini, sementara varian hybrid-nya pada kuartal pertama 2021, sebelum pada akhir tahun depan akan dirilis juga varian plug-in hybrid untuk melengkapi.

Hyundai dengan berani mengubah banyak tampilan luar Sante Fe. Grup yang juga membawahi brand Kia ini telah menambahkan gril tiga dimensi yang lebih lebar pada Sante Fe 2021. Panel pintu bawah berhias krom, kap panjang dengan garis karakter yang tegas, dan garis lekukan tegas bagian samping yang menghubungkan lampu LED depan hingga lampu belakang.

Lampu depan Sante Fe baru juga didesain ulang, dengan lampu utama membentuk aksen T, ditambah desain velg baru berdimensi 20 inci. Rel sisi atap juga diperbarui, kaca spion bisa dilipat, terus desain lampu sein baru, ditambah lampu genangan air.

Interior
Interior Santa Fe sekarang menampilkan desain konsol posisi tinggi yang menunjukkan interior SUV premium. Desain konsol tengah mengambang baru menambah kesan lebih lapang di seluruh kabin. Bahan premium yang tersedia, termasuk kulit Nappa yang lembut, bantalan dengan sentuhan lembut, pencahayaan ambient baru, dan tampilan layar sentuh 10,25 inci baru semakin meningkatkan karakter mewah interior.

Panel instrumen tiga dimensi berlapis-lapis dan jahitan kursi yang kontras memberikan sentuhan premium di seluruh kabin. DLO (daylight opening) Santa Fe yang besar meningkatkan perasaan keterbukaan bagi penghuninya dengan cahaya alami yang berlimpah. Selain itu, volume area kargo belakang telah meningkat satu setengah kaki kubik melalui pengoptimalan paket interiorging.

Baca juga: Mengenal mesin baru Hyundai Santa Fe

Baca juga: Hyundai Santa Fe generasi keempat dirilis bulan ini

Baca juga: Hyundai ungkap Santa Fe terbaru


santa fe 2021 lebih mewah dengan mesin 2 5 liter
Hyundai Santa Fe 2021. (ANTARA/Hyundai)

Powertrain
2021 Santa Fe sekarang menawarkan tiga opsi rangkaian tenaga baru dan lebih baik. Powertrain standar adalah mesin empat silinder Smartstream 2.5 liter direct-injected (DI) dan multi-point injected (MPI) yang dipadukan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan, menggantikan mesin 2.4 liter sebelumnya.

Mesin empat silinder standar ini menghasilkan sekitar 191 tenaga kuda pada 6.100 rpm dan sekitar 182 lb.-ft. torsi pada 4.000 rpm untuk kemudahan berkendara dalam berbagai kondisi. Powertrain juga dilengkapi kemampuan Idle, Stop and Go (ISG) untuk memaksimalkan efisiensi dalam berbagai kondisi lalu lintas yang padat.

Penghematan bahan bakar mesin 2.5 liter baru ditargetkan meningkat sekitar 8 persen dibanding sebelumnya.

Santa Fe juga menawarkan mesin turbocharged empat silinder dengan injeksi langsung Smartstream 2.5 liter keluaran tinggi yang dipadukan dengan transmisi kopling ganda basah delapan kecepatan (DCT), menggantikan mesin 2.0 liter turbocharged sebelumnya dan meningkatkan tenaga kuda puncak. sebesar 18 persen.

Penggerak baru ini menghasilkan sekitar 277 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan sekitar 311 lb.-ft. torsi pada 3.500 rpm untuk akselerasi cepat dan berkendara di jalan raya yang mudah. Penghematan bahan bakar mesin turbo 2.5 liter baru ditargetkan sekitar 4 hingga 5 persen.

Transmisi 8 percepatan untuk mesin 2.5 liter standar menyediakan perpindahan gigi yang cepat dan tepat untuk pengalaman berkendara yang menarik dan efisien. Transmisi otomatis menambahkan kisaran rasio di bagian atas dan bawah kecepatan keluaran yang memungkinkan dorongan ekstra di luar jalur dan perjalanan yang lebih tenang dan hemat bahan bakar untuk perjalanan jauh.

Sante Fe 2021 juga tersedia dalam sistem propulsi hybrid untuk pembeli yang berfokus pada lingkungan. Pembeli SUV mengharapkan kemampuan segala cuaca dan Santa Fe Hybrid menyertakan penggerak semua roda HTRAC® standar.

Powertrain hybrid memiliki fitur Smartstream 1,6 liter, injeksi langsung, mesin empat silinder turbocharged yang dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan baru yang berteknologi HEV (Hyundai Electric Vehicle). Transmisi 6 percepatan baru ini secara khusus disetel untuk efisiensi, ekonomi, dan kinerja berkendara yang optimal dalam aplikasi HEV turbocharged.

Mesin turbo menghasilkan perkiraan output 178 tenaga kuda pada 6.000 rpm, dengan perkiraan 225 tenaga kuda dari mesin gabungan dan sistem motor, dan torsi puncak diperkirakan 195 lb.-ft. pada 4.000 rpm.

Starter-generator HEV dan motor penggerak listrik keduanya merupakan sistem tipe magnet permanen, dengan generator starter hybrid 13kW dan motor penggerak listrik 44kW (59 tenaga kuda). Sistem ini menggunakan baterai polimer lithium-ion dengan daya 1,5 kWh dan 270V / 5,5 Ah, dengan output baterai maksimum 64kW, secara efisien menyimpan energi listrik hibrida dalam kemasan yang ringkas dan ringan.

Baca juga: Santa Fe hampir pasti masuk jajaran mobil terlaris

Baca juga: Hyundai kenalkan varian tertinggi Santa Fe

Baca juga: Hyundai Santa Fe versi “custom” hadir di China
 


Fitur keamanan
Kenyamanan berkendara, penanganan, dan kepercayaan diri berkendara ditingkatkan melalui pengembangan utama dalam struktur bodi, sistem pengereman, dan kekokohan Santa Fe 2021. Sistem pengereman ditingkatkan secara signifikan dengan booster berkapasitas tinggi, ukuran rotor yang ditingkatkan, dan penyempurnaan sistem ABS/ESC.

Santa Fe menghadirkan sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) SmartSense terbaru dari Hyundai. Serangkaian sensor dan sistem yang sering dibatasi pada gabungan SUV mewah berpotensi memperingatkan pengemudi dan membantu mengambil tindakan jika terjadi potensi tabrakan.

Sementara itu, sistem ADAS lainnya dapat membantu pengemudi melakukan tugas-tugas tertentu menggunakan berbagai sensor radar, sensor ultrasonik, dan kamera. Seperti mobil terbaru lainnya, Sante Fe dilengkapi sensor pendeteksi pejalan kaki, sensor blind-spot, dan sensor menghindari tabrakan dari belakang.

Kemudian ada Lane Keeping Assist dan Lane Follow Assist, Highway Driving Assist, Safe Exit Assist dan Ultrasonic Rear Occupant Alert, Peringatan Perhatian Pengemudi, Smart Cruise Control dengan Stop and Go, Peringatan Jarak Parkir (Maju dan Mundur), Bantuan Menghindari Tabrakan Parkir (Mundur), Ultrasonic Rear Occupant Alert yang mendeteksi pergerakan anak-anak dan hewan peliharaan,, dan Safe Exit Assist.

Kecanggihan lain yang ditawarkan Hyundai pada Santa Fe 2021 antara lain kunci digital, pengisian daya perangkat nirkabel, dan perintah suara untuk mengontrol suhu, radio, ditambah roda kemudi dan kursi berpemanas.

Kunci digital Sante Fe memungkinkan pemilik untuk meninggalkan kunci tradisional di rumah atau berbagai kunci dengan keluarga atau teman. Untuk kenyamanan tambahan dalam kasus seperti menggunakan layanan valet, kunci digital juga dapat bekerja melalui kartu Komunikasi Nirkabel Jarak Dekat (NFC). Kunci digital saat ini hanya kompatibel dengan ponsel yang menggunakan sistem operasi Android.
 

santa fe 2021 lebih mewah dengan mesin 2 5 liter 1
Hyundai Santa Fe 2021. (ANTARA/Hyundai)

Remote Smart Park Assist

Remote Smart Park Assist, teknologi kendaraan segmen-eksklusif, memungkinkan pemilik untuk memarkir dan mengambil Santa Fe mereka dari tempat parkir yang paling sempit dari luar kendaraan, fitur yang sangat nyaman. Sebelum pengemudi mencoba memuat penumpang atau bagasi, fungsi parkir jarak jauh terbukti sangat berguna, membawa kendaraan keluar dari ruang sempit.

Pengemudi cukup menggunakan tombol pintar untuk menggerakkan SUV maju atau mundur, masuk atau keluar dari tempat parkir, garasi, atau situasi parkir yang sempit.

Sistem infotainment premium
 

santa fe 2021 lebih mewah dengan mesin 2 5 liter 2
Hyundai Santa Fe 2021. (ANTARA/Hyundai)

Santa Fe menawarkan sistem suara premium yang secara sempurna disesuaikan dengan kualitas akustik interior kelas atas. Sistem audio premium Harman-Kardon 630 watt, 12 speaker, dengan amplifier 11 saluran dilengkapi teknologi pemulihan musik Clari-Fi ™ dan teknologi Quantum Logic ™ Surround Sound.

Clari-Fi bekerja secara real-time untuk membangun kembali detail audio yang hilang dalam musik yang dikompresi secara digital, sementara Quantum Logic ™ mengekstrak sinyal dari rekaman asli dan mendistribusikannya kembali menjadi panggung suara multidimensi otentik untuk pemutaran yang jernih, halus, dan penuh detail.

Apple CarPlay® nirkabel dan Android Auto® sekarang tersedia di model Santa Fe yang tidak dilengkapi navigasi, sedangkan fungsi standar Apple CarPlay dan Android Auto tetap standar pada model yang dilengkapi navigasi.

Heads-Up Display (HUD) yang tersedia memproyeksikan gambar warna virtual berukuran 8,5 inci ke kaca depan, memungkinkan pengemudi untuk tetap memperhatikan jalan. Informasi mengemudi utama seperti kecepatan, status Smart Cruise Control, navigasi, fitur keselamatan, batas kecepatan, dan data sistem audio diproyeksikan pada jarak virtual yang dirasakan kira-kira tujuh kaki di depan pengemudi untuk keterbacaan maksimum.

Baca juga: Hyundai bangun pusat penelitian kendaraan listrik di Singapura

Baca juga: Hyundai perluas “recall” Kona Electric di Amerika, Eropa, dan China

Baca juga: Hyundai Kona Electric kembali kena “recall”
 

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020

Tinggalkan komentar