Ada 2 Klub Harley-Davidson di Indonesia: HOG dan HDCI, Apa Bedanya?

da1878b7 3c4d 4ead ab0c 42b1ac9cf310 169

Jakarta

Di Indonesia ada dua wadah pengguna Harley-Davidson, yakni Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) atau Harley Owners Group (HOG). Apa beda kedua komunitas tersebut?

Komunitas pengguna motor Harley-Davidson kini tengah menjadi sorotan. Gara-garanya ada anggota Harley Owners Group Siliwangi Bandung Chapter (HOG SBC) yang melakukan pengeroyokan terhadap 2 prajurit TNI saat konvoi di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Insiden tersebut tak pelak membuat citra komunitas moge asal Amerika Serikat itu tercoreng. Tidak hanya berimbas pada chapter-chapter HOG lain di Indonesia, organisasi HDCI pun mendapat sorotan. Padahal keduanya merupakan organisasi yang berbeda.

Seperti disampaikan Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Sahat Manalu, jika dilihat persamaannya, baik HOG maupun HDCI sama-sama klub motor Harley-Davidson.

“Terus kalau dilihat dari bikers-nya, dia bisa jadi member HDCI dan juga member HOG,” buka Sahat, kepada detikOto melalui sambungan telepon, Senin (2/11).

“Kemudian untuk bedanya, kalau HOG itu komunitas yang dibentuk berdasarkan dealer. Misalnya dealer Anak Elang, itu punya HOG Anak Elang Jakarta Chapter. Terus yang di Jakarta juga ada HOG Nusantara Jakarta Chapter,” sambung Sahat.

Lanjut Sahat menjelaskan, HOG merupakan organisasi komunitas Harley yang sifatnya global. “Jadi setiap yang beli Harley-Davidson, tahun pertamanya itu mereka free keanggotaan HOG dunia. Dan kalau dihitung, keanggotaan HOG dunia itu udah sekitar 14-15 juta member ya,” jelasnya.

Jika HOG sifatnya global, maka HDCI sifatnya lokal Indonesia. Anggota Harley-Davidson di klub ini tidak terikat dealer.

“Nah kalau HDCI itu adalah perkumpulan motor Harley-Davidson sebelum ada HOG di Indonesia, zaman mas Indro Warkop dulu. Dan sekarang komunitas HDCI usianya sudah 20 tahun lebih. Jadi di sini isinya pengguna dan penggemar Harley-Davidson tapi tidak di bawah naungan dealer,” ujar Sahat.

Simak Video “Anggota Geng Harley Keroyok TNI di Bukittinggi
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)



Satu pemikiran pada “Ada 2 Klub Harley-Davidson di Indonesia: HOG dan HDCI, Apa Bedanya?”

Tinggalkan komentar