Abang Grab Pakai Motor Listrik, Baterai Habis Tinggal Tukar Baru

Jakarta

Grab tak hanya mengoperasikan armada mobil listrik sebagai kendaraan ramah lingkungan. Perusahaan taksi dan ojek online itu juga mulai menggunakan motor bertenaga listrik.

Kali ini, Grab menggunakan motor listrik Kymco. Skuter listrik Kymco ini bisa digunakan driver grab bike. Tak perlu khawatir kehabisan baterai, kalau baterai kosong tinggal ganti saja dengan yang baru.

Konsep battery swap ini mirip seperti kita membeli air minum kemasan galon atau gas elpiji. Ketika baterai motor listrik habis, bisa langsung ditukar dengan baterai yang sudah terisi penuh di lokasi tertentu.

Tepat pada Hari Listrik Nasional ke-75 Tahun 2020, Hari ini (03/11), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggandeng beberapa penyedia kendaraan dan jasa transportasi listrik, termasuk Grab Indonesia meluncurkan operasional Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di beberapa wilayah. SPBKLU ini akan memudahkan pengguna kendaraan listrik dalam mendapatkan baterai yang terisi penuh.

Grab Pakai Motor Listrik, Jika Baterainya Habis Tinggal Tukar BaruGrab Pakai Motor Listrik, Jika Baterainya Habis Tinggal Tukar Baru Foto: Dok. Grab Indonesia

Grab Powered by Kymco telah meluncurkan stasiun penukaran baterai tersebut di Kantor PLN UP3 Cikokol Tangerang.

“Setelah meluncurkan EV Grab Ecosystem Roadmap dan GrabCar Elektrik beberapa waktu lalu, kami kembali turut berpartisipasi dalam mendukung industri kendaraan listrik serta memajukan ekonomi digital di Indonesia. Grab ingin terus menjadi pelopor untuk mensukseskan visi Presiden Joko Widodo dalam memasyarakatkan kendaraan berbasis listrik melalui Perpres Nomor 55/2019,” kata Ridzki Kramadibrata, President Grab Indonesia dalam siaran persnya, Selasa (3/11/2020),

“Kami juga telah bekerja sama dengan Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero) dalam pengembangan ekosistem Kendaraan Berbasis Listrik (KBL) di Indonesia. Dengan memiliki lebih dari 5.000 armada kendaraan listrik, baik berupa motor roda dua, e-scooter, maupun empat roda, kami ingin terus mendukung visi Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29% di tahun 2030.”

Grab Pakai Motor Listrik, Jika Baterainya Habis Tinggal Tukar BaruGrab Pakai Motor Listrik, Jika Baterainya Habis Tinggal Tukar Baru Foto: Dok. Grab Indonesia

Dalam peluncuran ini, Grab bekerja sama dengan KYMCO melakukan pilot untuk menyediakan armada kendaraan berbasis listrik dan fasilitas pendukung penukaran baterai yang juga didukung oleh PLN di kantor UP3 Cikokol.

“Kami siap untuk terus mendukung program pemerintah dalam membangun ekosistem berbasis listrik. Kami terbuka untuk dapat berkolaborasi dengan semua pelaku industri, terutama yang akan menciptakan nilai tambah untuk perekonomian nasional,” tutup Ridzki.

Simak Video “Pastikan Hal Ini Sebelum Kembali Mengendarai Grab Wheels
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)



Tinggalkan komentar