Mick Doohan Lebih Pilih Pensiun Andai di Posisi Dovizioso Sekarang

Jakarta

Mick Doohan tak ingin melihat Andrea Dovizioso tanpa tim bagus, apalagi bila sekedar jadi pebalap penguji. Dia lebih memilih pensiun dari MotoGP jika berada di situasi Andrea Dovizioso saat ini.

Andrea Dovizioso belum memutuskan nasibnya di MotoGP 2021. Rider berusia 34 tahun itu cerai dari pabrikan Ducati karena tidak memiliki titik temu.

Pebalap asal Italia ini santer dikaitkan dengan Yamaha sebagai pebalap penguji. Selain itu, Dovizioso juga ditawarkan menjadi pebalap di tim utama Aprilia.

Bukan apa-apa, menurut Mick Doohan, pebalap sekaliber Andrea Dovizioso akan sayang dilepaskan begitu saja. Apalagi ia hanya bertugas sebagai pebalap penguji.

ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 16: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team speaks in box during the free practice for the MotoGP of Aragon at Motorland Aragon Circuit on October 16, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Andrea Dovizioso kemana akan berlabuh musim depan? Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

“Dovizioso masih memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Dia punya banyak pengalaman. Dia bisa berlari dan menang dan memiliki kesempatan di Kejuaraan Dunia. Saya tidak cukup dekat, tetapi akan aneh jika saya tidak dapat menemukan (Dovizioso) di tim yang bagus,” komentar Mick Doohan seperti dikutip dari Motosan.es, Selasa (3/11/2020).

Doohan melanjutkan Dovizioso akan kesulitan jika tidak mendapatkan tim yang bagus di MotoGP 2020. Apalagi hanya menjadi pebalap penguji padahal sebenarnya masih memiliki kecepatan untuk bertarung.

“Akan sulit baginya jika dia tidak bisa menemukan tim yang bagus. Jika itu saya, saya akan mengatakan bahwa lebih baik pensiun atau pergi ke World Superbikes. Saya yakin akan kompetitif di sana,” tambah Doohan.

“MotoGP sekarang, pebalap penguji yang cepat dan berpengalaman sangat dibutuhkan. Saat di eraku dulu, pebalap penguji lebih lambat beberapa detik. Mereka sebenarnya hanya menguji,” jelas Doohan.

7 Apr 1996: World Champion Mick Doohan leads second place rider Alex Barros and third Loris Capirossi at the 500cc Indonesian Motorcycle Grand Prix at Sentul, Jakarta. Mandatory Credit: Mike Cooper/ALLSPORTMick Doohan tahun 1996 Foto: Mike Cooper/ALLSPORT

Dovizioso saat ini menempati urutan kelima klasemen sementara MotoGP 2020 hanya selisih 28 poin dari Joan Mir. Dengan tiga balapan tersisa, peluang Dovizioso jadi juara dunia sebenarnya masih terbuka lebar.

Dari 11 seri berlalu, Dovizioso baru menang sekali di MotoGP Austria yang memang jadi sirkuit favorit Ducati. Selain itu, Dovizioso cuma sekali finis podium yakni urutan ketiga di MotoGP Jerez selaku seri pembuka. Sisanya Dovizioso finis posisi 6, 11, 5, 7, 8, 4, 7, dan terakhir posisi ke-13.

======

Saksikan live streaming MotoGP Eropa di detikOto, Minggu (8/11) pukul 20.00 WIB. Siaran langsungnya dapat juga disaksikan di Trans7

Simak Video “Dovizioso Masih Tertatih-tatih
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)



Tinggalkan komentar