VW kenalkan parkir otomatis via smartphone di SUV Touareg

Jakarta (ANTARA) – Volkswagen memperkenalkan versi anyar Park Assist, fitur parkir otomatis yang bisa dikendalikan via smartphone, yang disertakan untuk kali pertama pada SUV VW Touareg.

Dengan Park Assist, pengemudi Touareg tidak perlu repot bahkan stres saat hendak memarkir atau mengeluarkan mobil dari tempat parkir yang sempit seperti di bandara atau mall, kata Volkswagen dalam pernyataannya, dikutip Minggu.

Park Assist baru dengan remote control sekarang bekerja sepenuhnya secara otomatis untuk pertama kalinya, dengan kata lain ia juga mengontrol mesin dan rem, tidak seperti sebelumnya hanya mengendalikan roda kemudi dan perlu campur tangan pengemudi untuk menginjak pedal gas dan rem.

Baca juga: Permintaan mobil mewah naik, VW China raih keuntungan saat pandemi

Baca juga: VW tarik 210.000 Jetta karena baut mesin mudah kendur

Sistem parkir otomatis VW ini menawarkan dua metode parkir, pertama pengemudi tetap duduk di dalam kendaraan dan mengoperasikan sistem dari sana. Dalam mode kedua, pengemudi keluar dari Touareg dan mengontrol manuver parkir menggunakan smartphone mereka.

Dalam kedua kasus tersebut, SUV secara mandiri mengemudi masuk atau keluar dari tempat parkir dengan arah maju atau mundur. Dan, ini bisa dilakukan di semua jenis ruang parkir.

Pada mode pertama—tanpa remote control yang diaktifkan—, pengemudi tetap duduk di Touareg seperti biasa. Saat berkendara ke tempat parkir misalnya, pengemudi mengaktifkan pencarian tempat parkir dengan mengetuk kolom “P” pada layar sistem infotainment.

Segera setelah Touareg mendeteksi satu atau lebih tempat parkir yang sesuai, ia akan menampilkannya di layar sistem infotainment. Pengemudi sekarang memilih salah satu tempat parkir yang ditawarkan.

Tampilan “Tekan rem dan tekan tahan tombol atau pilih Park Assist dengan remote control” sekarang ditampilkan di instrumen digital (Kokpit Digital) Touareg. Pengemudi sekarang memilih opsi pertama dan terus menekan tombol “Drive” (P AUTO) di bawah kenop roda gigi pada konsol tengah—parkir kemudian dimulai.
 

vw kenalkan parkir otomatis via smartphone di suv touareg
Tombol parkir otomatis pada VW Touareg. (ANTARA/Volkswagen)

Teknologi yang digunakan Touareg untuk ini terdiri dari dua belas sensor ultrasound dan empat kamera sistem 360 derajat Tampilan Area. Kamera terletak di kaca depan, kaca spion luar, dan tutup bagasi.

Volkswagen menggunakan apa yang dikenal sebagai “fusi sensor” untuk memastikan deteksi objek yang optimal. Oleh karena itu, SUV bahkan dapat parkir secara otomatis di garasi. Touareg berhenti seketika jika tombol “Drive” dilepaskan.

Baca juga: Volkswagen ID4 tantang Tesla di pasar China

Pada mode kedua, pengemudi keluar dari kendaraan sebelum melakukan manuver parkir yang sebenarnya. Pengemudi kemudian menggunakan ponsel cerdas mereka dan aplikasi VW Remote Park Assist Plus sebagai remote control.

Di sini pengemudi mengaktifkan pencarian tempat parkir dengan mengetuk kolom “P” di layar sistem infotainment. Pengemudi kembali memilih salah satu tempat parkir yang ditawarkan. Ketika tampilan “Tekan rem dan tekan tahan tombol atau pilih Park Assist dengan remote control” muncul, mereka kemudian pilih opsi kedua: Park Assist dengan remote control.

Pengemudi mengetuk opsi, mengambil kunci kendaraan, keluar dari kendaraan dan kemudian mengaktifkan manuver parkir melalui aplikasi. Untuk melakukan ini, pengemudi menekan tombol “Drive” pada smartphone—yang secara virtual ditransfer dari mobil ke aplikasi—dan parkir dimulai.
 

vw kenalkan parkir otomatis via smartphone di suv touareg 1
Seorang pengemudi sedang mengoperasikan parkir otomatis VW Touareg via smartphone. (ANTARA/Volkswagen)

Di sini juga, tombol “Drive” harus ditekan terus menerus untuk alasan keamanan. SUV tersebut kini melakukan proses parkir ke tempat parkir secara otomatis.

Jika pengemudi ingin mengemudikan Touareg yang diparkir keluar dari tempat parkir yang sempit, mereka tidak lagi harus masuk ke dalam mobil untuk melakukan ini. Untuk mengaktifkan pengemudian otomatis keluar dari tempat parkir, pengemudi cukup menyalakan mesin melalui aplikasi VW Remote Park Assist Plus dengan menekan tombol START/ENGINE/STOP pada smartphone.

Saat mesin dihidupkan, manuver yang tersedia untuk mengemudi keluar dari tempat parkir ditampilkan pada ponsel, seperti “Maju kiri” atau “Maju kanan”. Pengemudi sekarang cukup memilih arah dan mengaktifkan manuver untuk keluar dari tempat parkir dengan menekan ikon tombol “Drive”.

Dalam hal ini juga, pengemudi harus terus menerus menekan tombol digital untuk alasan keamanan. Manuver untuk keluar dari tempat parkir secara visual ditampilkan secara paralel di smartphone. SUV Touareg kelas mewah adalah Volkswagen pertama yang mampu melakukan manuver tanpa pengemudi di dalamnya.

Baca juga: VW investasi 73 miliar euro untuk mobilitas digital

Baca juga: Volkswagen mulai nikmati pemulihan, jual 1,5 juta unit kuartal tiga

Baca juga: Mobil listrik Volkswagen jadi transportasi umum di Pulau Astypalea

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020

Tinggalkan komentar